Tim Diari Sepatu Basket

November 2016 – Present
* KY, MD / Doctor KY

Kontributor dan penulis utama di blog ini. Juga berperan sebagai editor dan peraga pada gambar-gambar di blog ini. Seorang ilmuwan dan analis biomekanik, khususnya dalam cabang olahraga basket.

* Sneakers Hunter, MD

Kontributor pembahasan sneakers yang berhubungan dengan estetika, nilai koleksi, dan tips membeli sneakers.

* Mike, MD

Admin dan pengelola konten blog.

* Rainy, MD

Kontributor blog.

* Tenaga kerja tambahan dari Monet Sneakers
Ucapan Terima Kasih untuk Para Kontributor dan Penulis yang Lampau
* Meister Son, MD

Perintis blog Diari Sepatu Basket yang telah pensiun sebagai penulis blog ini dan fokus pada proyek penelitian medisnya. Masih berhubungan dengan penulis aktif untuk berdiskusi masalah sepatu basket dan biomekanika olahraga.

* Clay 10, MD

EX kontributor dan penulis produk sepatu olahraga di blog ini.

* Ex kontributor, donatur, dan tim riset yang tidak berkenan untuk disebutkan nama dan inisialnya.

 

Latar Belakang Terbentuknya Diari Sepatu Basket

Terbentuknya blog Diari Sepatu Basket berasal dari ide Meister Son yang prihatin dengan sedikitnya informasi mengenai konstruksi dan teknologi sepatu basket yang berbahasa Indonesia, sementara cukup banyak informasi mengenai performa sepatu basket dari sumber-sumber asing yang tidak akurat karena hanya berdasarkan opini pengalaman pribadi yang subjektif.

*Meister Son, MD merupakan seorang ahli biomekanika yang memiliki tim riset biomekanik independen di sebuah Universitas ternama dan salah satu pekerjaan dari tim risetnya adalah evaluasi produk-produk sepatu olahraga.

Meister Son mengajak murid, rekan, dan anggota keluarga yang berkecimpung di bidang yang sama, untuk mendukung blog Diari Sepatu Basket, yang di antaranya adalah KY, C10, dan Rainy, etc untuk mendukung pembuatan artikel evaluasi sepatu basket. Untuk mengelola blog, KY merekrut anggota keluarga yang masih bersekolah: Mike dan kawan-kawannya sebagai pekerja paruh waktu untuk membantu pengetikan, peraga, foto-foto, dan pengaturan blog. KY juga merekrut Sneakers Hunter, yang merupakan rekan sesama kolektor sneakers untuk membantu dalam memberikan informasi tambahan mengenai sneakers. Demikianlah terbentuknya tim Diari Sepatu Basket Generasi pertama.

*Sumber informasi artikel evaluasi sepatu basket pada masa itu berasal dari hasil kerja tim riset biomekanik yang dipimpin oleh Meister Son.

**Evaluasi produk olahraga dilakukan dengan cara pendekatan statistik dari hasil uji coba sekelompok subjek atlet yang telah memenuhi kriteria dan evaluasi secara objektif berdasarkan konstruksi produk olahraga tersebut.

***Produk yang digunakan oleh tim riset tersebut disponsori oleh perusahaan produk X dan Y. Hasil evaluasi produk tersebut seharusnya hanya dipergunakan sebagai feedback untuk perusahaan masing-masing yang bersangkutan.

****Meister Son, sebagai pemimpin riset memberi izin untuk menggunakan hasil riset tersebut sebagai referensi blog Diari Sepatu basket dengan beberapa syarat: tidak dikomersilkan, tidak mencantumkan nama asli (alasan mengapa blog ini tidak memberikan identitas), tidak menulis kata-kata yang merusak reputasi produk X dan Y (alasan mengapa penilaian produk tertentu menjadi overrated dan sering terjadi peng-edit-an artikel pada era sebelum 2016), serta mengurangi atau tidak menulis mengenai produk saingan: Z (alasan mengapa ada artikel berumur pendek yang kemudian dihapus).

Bubarnya Tim Generasi Pertama dan Menurunnya Produktivitas Blog

Meister Son berhenti sebagai penulis Diari Sepatu Basket dan pindah ke kota lain untuk melanjutkan karirnya sebagai peneliti. Kepergian Meister Son disusul oleh C10 yang juga pindah ke kota lain untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Selain itu beberapa kontributor blog Diari Sepatu Basket melepaskan perhatiannya untuk lebih fokus pada pekerjaan utamanya.

*Kontributor dan tim penulis Diari Sepatu Basket sebenarnya lebih dari nama-nama yang dicantumkan pada blog ini. Mereka tidak mau disebutkan agar “tidak ada masalah” dengan pekerjaan utama mereka.

Produktivitas blog Diari Sepatu Basket semakin menurun pada periode tahun 2016, selain oleh karena ditinggal oleh para penulis dan kontributornya, namun juga terbentur dengan masalah penggunaan referensi evaluasi produk dari tim riset yang telah ditinggalkan Meister Son.

Bubar atau Lanjut? Idealisme atau Iklan Produk?

Pada akhir November 2016, para kontributor Diari Sepatu Basket melakukan perundingan untuk menentukan nasib blog ini, apakah mau dilanjutkan dengan hanya menampilkan hasil evaluasi produk-produk tertentu saja yang mensponsori tim riset mereka ataukah dibubarkan saja karena blog ini hanya sebuah pemborosan waktu, dengan pembaca yang relatif sedikit.

KY yang menganggap bahwa blog ini sangat penting sebagai referensi bagi para pemain basket di Indonesia, memutuskan untuk menjalankan blog ini secara independen dan lepas dari para kontributor lama agar dapat menampilkan evaluasi semua jenis produk sepatu basket dengan objektif. Dengan demikian sejak saat itu, KY menjadi pemilik blog Diari Sepatu Basket yang independen dan tanpa didukung oleh tim dan para kontributor yang lama.

Tim Baru, Logo Baru, Semangat Baru

Sejak Desember 2016, blog ini menggunakan logo baru dengan anggota utama yang hanya terdiri dari beberapa orang saja. Selain itu blog ini mendapat dukungan sumber dana dan sumber daya manusia dari pedagang: Monet Sneakers (US), yang merupakan rekan lama dari KY.

Bagaimana dengan Kualitas Artikel Evaluasi Sepatu Basket untuk ke depannya?

Blog ini tetap melakukan metode evaluasi dengan pendekatan penilaian yang sama seperti dengan yang dilakukan oleh tim riset terdahulu, namun dengan skala yang lebih kecil oleh karena sumber dana dan sumber daya manusia yang lebih terbatas. Selain itu blog ini telah menggunakan standar penilaian yang lebih tinggi dan lebih menekankan pada penilaian yang objektif berdasarkan evaluasi konstruksi produk sepatu basket dengan pendekatan pada ilmu biomekanika. Dengan demikian artikel pembahasan evaluasi produk sepatu basket diharapkan akan lebih objektif bila dibandingkan dengan artikel-artikel evaluasi sepatu basket yang lama.

“Terima Kasih atas dukungan para pembaca dari Indonesia yang menjadi sumber motivasi bagi kami”

Doctor KY & Tim Diari Sepatu Basket