Semakin Membaik, Walau Kalah dari Jepang di Jones Cup 2019

Tim basket putra Indonesia mengalami kekalahan ketiga secara beruntun setelah ditumbangkan oleh Jepang dengan skor 88-61. Kemenangan tim Jepang sesuai dengan keunggulannya dalam hal efisiensi serangan maupun empat faktor kemenangan. Walau mengalami kekalahan, tim Indonesia tampak mengalami perbaikan untuk beberapa hal bila dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya.

Terdapat peningkatan akurasi tembakan dua angka (2P) sebesar 6%, walau terjadi penurunan akurasi tembakan tiga angka (3P) sebesar 4%. Dalam hal pertahanan, tim Indonesia berhasil menurunkan angka lawan sebesar 18%. Dalam hal empat faktor, tim Indonesia berhasil menurunkan angka TO% dan meningkatkan angka DReb%. Secara keseluruhan, tim Indonesia terkesan tampil lebih baik daripada pertandingan sebelumnya.

Statistik tim basket Indonesia ketika berhadapan dengan Jepang di Jones Cup 2019.

Analisis Individual: Mei Joni dan Kaleb Gemilang Mendulang Angka

Pada sepanjang kompetisi ini, Mei Joni (18 Pts, 5 Reb, 2 Ast) masih menjadi satu – satunya yang paling konsisten dan selalu di atas rata – rata. Peningkatan performa juga ditunjukkan oleh Kaleb Gemilang (14 Pts, 4 Reb, 4 Ast), seiring dengan meningkatnya upaya tembakan tiga angka dan persentase penguasaannya. Selain itu, Indra Muhammad (8 Pts, 1 Reb, 2 Ast) juga semakin menunjukkan peningkatan dan memiliki catatan efisiensi serangan yang tertinggi pada laga ini.

Kesimpulan

Walau masih belum berhasil memenangkan pertandingan, namun tim Indonesia telah mengalami sedikit perbaikan dalam hal DReb dan TOV. Masalah-masalah yang terjadi pada laga melawan Jepang ini cenderung masih sama seperti ketika melawan Korea Selatan dan Jordan, yaitu masalah koordinasi pertahanan, masalah empat faktor, kurang produktifnya para fasilitator, serta tidak memiliki sistem serangan yang konsisten dalam upaya menghasilkan angka.

Didik Haryadi

Leave a Reply