Perbandingan Kekuatan Lebron – Davis dengan Kawhi – George

Los Angeles tampaknya akan menjadi pusat perhatian pada musim kompetisi NBA akan datang, setelah dua raja memutuskan untuk membangun kekuatan besar di sana. Raja basket dekade ini, yakni Lebron James, berhasil mengajak Anthony Davis untuk bergabung di Lakers. Sementara Kawhi Leonard, raja semusim di utara, memutuskan untuk bergabung dengan Clippers bersama dengan Paul George, yang akhirnya berhasil meloloskan diri dari kediktatoran Beastbrook. Bagaimanakah perbandingan kekuatan dua pasangan ini berdasarkan statistik musim kompetisi 2018-19?

Efisiensi Serangan dan Efisiensi Pertahanan

Pasangan Clippers memiliki efisiensi serangan yang lebih baik, dimana mereka dapat menghasilkan 1.13 angka pada setiap penguasaan. Sedangkan pasangan Lakers hanya dapat menghasilkan 1.11 angka pada setiap penguasaan. Bahkan, raja basket Lebron memiliki efisiensi serangan yang paling rendah di antara mereka berempat.

Pasangan Clippers juga memiliki efisiensi pertahanan yang lebih baik, dimana hanya kemasukan 1.05 angka pada setiap penguasaannya. Sedangkan pasangan Lakers kemasukan 1.08 angka pada setiap penguasaan. Keunggulan efisiensi pertahanan tersebut terkesan sangat wajar, bila mengingat bahwa Paul George merupakan salah satu kandidat pemain bertahan terbaik pada musim kompetisi 2018-19. Selain itu, masih ingatkah siapa pemain yang berhasil mendapatkan gelar pemain bertahan terbaik, gelar MVP di final, dan gelar juara di tahun yang sama?

Grafik perbandingan pasangan Lebron – Davis dengan Kawhi – George berdasarkan statistik musim kompetisi NBA periode 2018-19.

Efektifitas Tembakan (eFG%)

Pasangan Lakers memiliki angka efektivitas tembakan yang lebih baik, walau pasangan Clippers memiliki rata – rata yang lebih besar. Pasangan Lakers memiliki efektivitas tembakan sebesar 55% dengan rata – rata memasukkan 2.9 tembakan tiga angka. Sedangkan pasangan Clippers memiliki efektivitas tembakan sebesar 53.6% dengan rata – rata memasukkan 5.7 tembakan tiga angka. Keunggulan pasangan Lakers disebabkan oleh jumlah rata – rata percobaan tembakan yang lebih rendah, yaitu sebesar 38.2 tembakan, dibandingkan dengan pasangan Clippers yang melakukan 39.8 tembakan.

Produktifitas Tembakan (TS%)

Pasangan Clippers sedikit lebih unggul dari pasangan Lakers dalam hal produktivitas tembakan. Pasangan Clippers memiliki rata – rata produktivitas yang sebesar 59.3%, sedangkan Lakers sebesar 59.2%. Salah satu penyebab keunggulan pasangan Clippers dalam hal produktivitas tembakan adalah angka FT% yang lebih tinggi, yaitu 84.65%, dibandingkan dengan pasangan Lakers yang hanya 72.95%.

Pasangan Clippers Masih Lebih Unggul, Tapi …

Berdasarkan hasil analisa statistik menunjukkan bahwa pasangan Clippers masih lebih unggul dalam hal efisiensi serangan dan pertahanan, maupun produktivitas. Walau demikian, Lebron dan Davis memiliki jumlah pertandingan yang lebih sedikit pada periode 2018-19, yaitu sebanyak 26 pertandingan. Selisih 26 pertandingan adalah jumlah yang cukup bermakna untuk mengubah angka – angka statistik menjadi lebih baik, atau bahkan lebih buruk.

Didik Haryadi

Leave a Reply