Nike LeBron Soldier VIII

Nike LeBron Soldier 8 (12 oz) merupakan sepatu basket alternatif yang digunakan LeBron James pada periode 2014-15. Sepatu basket ini juga digunakan oleh banyak atlet NBA lainnya, yaitu DeAndre Jordan (LAC), Draymond Green (GSW), Eric Bledsoe (PHX), dan Nikola Vucevic (ORL). Fitur-fitur utama yang dimiliki sepatu ini adalah pentalian yang menggunakan Flywire dan bantalan yang menggunakan Zoom Air. Selain itu, sepatu ini juga memiliki sabuk pada pergelangan kaki.

Kelebihan yang menjadi alasan utama untuk menggunakan sepatu ini adalah kualitas traksi, kuncian pada pergelangan kaki, dan konstruksinya yang ringan. Sedangkan salah satu alasan utama untuk tidak menggunakan sepatu ini adalah konstruksi yang kurang mendukung mobilitas dengan maksimal. Berdasarkan hasil evaluasi konstrüksi, LeBron Soldier 8 direkomendasikan bagi semua kalangan atlet basket untuk digunakan di lapangan berjenis kayu dan plastik. Sepatu ini dirilis pertama kali pada tanggal 5 Juli 2014 dengan harga $130 untuk edisi reguler dan $140 untuk edisi premium.

Evaluasi Kualitatif

Versatilitas
3.8/5
Mobilitas
3.5/5
Rigiditas
2.5/5
Stabilitas
4/5
Bantalan
3/5
Sensibilitas
4/5
Durabilitas
3/5
Traksi
4.5/5

Evaluasi Kuantitatif

3/5
Struktur Bagian Atas
Tipe 2
Fitur Kuncian
Tipe 2+
Fitur Penunjang
Tipe 2
Fitur Bagian Bawah
Tipe 2
Tinggi Bola Kaki
Rendah
Tinggi Tumit
Sedang
Kemiringan
Rendah
Rigiditas Jari
Sedang
Rigiditas Arkus
Sedang
Rigiditas Tumit
Rendah

Bagian Atas

Sepatu ini memiliki struktur bagian atas yang menggunakan jaring tekstil berkerapatan rendah dan diperkuat oleh pelapis TPU. Selain itu, struktur sepatu ini juga diperkuat oleh lapisan busa yang ditempatkan pada area-area tertentu dan menggunakan lining yang berstruktur jaring berkerapatan tinggi.

Fitur kuncian sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang terhubung dengan Flywire dan terdapat sabuk pada pergelangan kaki. Sedangkan fitur penunjang sepatu ini menggunakan struktur karet dari sol luar yang menyangga sisi lateral area depan. Akan tetapi, struktur plat internal pada tumit memiliki ukuran yang lebih kecil dari standar.

LeBron-Soldier-8-Upper

Sol Tengah

Sepatu ini memiliki sol tengah yang menggunakan busa phylon dengan tambahan kantung udara Zoom pada area depan dan belakang. Sol tengah sepatu ini ditunjang oleh pelat TPU pada arkus. Selain itu, pada sisi lateral area depan terdapat penyangga yang berasal dari struktur karet sol luar.

Pijakan sepatu ini memiliki ukuran tinggi pada area depan sebesar ± 23 mm dan area belakang sebesar ± 30 mm (kemiringan ± 7 mm). Hal tersebut menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki pijakan yang tergolong rendah dan kemiringan yang tergolong sedang.

Sol Luar

Sepatu ini memiliki struktur sol luar yang menggunakan pola traksi heksagonal (yang disebut sebagai power traction), dengan struktur yang mendukung deformasi, serta memiliki permukaan kontak yang merata. Walau demikian, sol luar sepatu ini lebih direkomendasikan untuk lapangan berjenis kayu dan plastik oleh karena pertimbangan ketahanannya.

LeBron-Soldier-8-Outsole
Diari Sepatu Basket

Leave a Reply