Nike Air Force 1 Ultra Flyknit Sneakers Discussion

Air Force 1 Flyknit

Pada artikel ini penulis akan membahas Nike Air Force 1 Ultra Flyknit, yang merupakan model baru AF1 berkonstruksi flyknit yang memulai debutnya pada tahun 2016. Struktur lower sepatu ini menggunakan satu potong IU sole yang lebih ringan sebagai pengganti rubber outsole yang lebih berat pada AF 1 klasik.

*Edisi yang digunakan pada artikel ini adalah Nike AF1 Mid Ultra Flyknit “Multi Color” (817420 700) (Volt/White-Bright Crimson-Court Purple).

This slideshow requires JavaScript.

Upper

Bahan

Bahan upper sepatu ini menggunakan tekstil sintetis berstruktur rajutan dan menggunakan leather pada tongue, logo, straps, dan sebagai overlays.

Konstruksi

Air Force 1 FlyknitAir Force 1 FlyknitAir Force 1 FlyknitAir Force 1 Flyknit.jpg
Gambar 1A. Konstruksi pada 2/3 area depan menggunakan satu lapis struktur rajutan dengan tingkat kerapatan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan kuncian, ventilasi, dan fleksibilitas. Pada sisi atas ruang jari menggunakan struktur rajutan yang lebih renggang untuk mendukung ventilasi dan fleksibilitas, sementara pada area tepi yang rentan terhadap friksi dan menerima tekanan tinggi dari kaki menggunakan struktur rajutan yang berkerapatan tinggi. Sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang terhubung dengan flywire cables yang terintegrasi dengan struktur rajutan pada sepanjang forefoot sampai rearfoot.
Air Force 1 FlyknitAir Force 1 Flyknit
Gambar 1B. Konstruksi upper pada 1/3 area belakang menggunakan struktur rajutan yang berkerapatan tinggi dengan arah rajutan yang disesuaikan dengan kebutuhan fleksibilitas dan kuncian. Struktur pada area counter diperkuat oleh lining sintetik dan tidak memiliki struktur internal heel counter. Sepatu kasual ini dipermewah oleh penggunaan bahan leather yang diaplikasikan pada straps, logo, tongue, dan overlays pada area collar dan counter.

Lower

Bahan

Konstruksi lower sepatu ini menggunakan injected unit rubber, translucent rubber, dan Air sole.

Konstruksi

Air Force 1 FlyknitAir Force 1 Flyknit
Gambar 2. Sole sepatu ini menggunakan sepotong injected unit rubber dan sepotong kecil translucent rubber yang berdensitas tinggi sebagai outsole pada tepi ujung depan dan tepi ujung belakang. Satu unit bantalan Air Sole ditempatkan pada dasar area tumit.

Penggunaan IU rubber sebagai bahan utama sole sangat mengurangi beban sepatu ini bila dibandingkan dengan AF1 klasik yang menggunakan PU midsole dan solid rubber outsole yang berdensitas tinggi. Namun tentu saja sole yang lebih lunak pada AF1 Flyknit tidak sekokoh dan seawet AF1 klasik.

Evaluation

Fit

Berikut ini merupakan hasil pengukuran dimensi ruang nomor ukuran 9 (US) yang dibandingkan dengan model kaki standard berukuran medium (D) dengan nomor ukuran 9 (US) berdasarkan alat Brannock:

Forefoot
  • Toe box: Memiliki ruang yang cenderung panjang dengan lebar yang cukup sesuai dan dapat melekat sesuai dengan kontur kaki tanpa tahanan yang berlebih.
  • Ball of the foot: Memiliki ukuran sirkumferensial yang cukup sesuai dengan kontur kaki dan dapat meregang tanpa tahanan yang berlebih.
Midfoot

Memiliki ukuran sirkumferensial yang cukup sesuai dan dapat meregang sesuai dengan kontur midfoot tanpa tahanan yang berlebih.

Rearfoot

Memiliki ukuran lingkaran pergelangan kaki yang cukup sesuai dengan dasar tumit yang cenderung besar.

Lockdown

Berdasarkan hasil evaluasi pada kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS, menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang tergolong cukup adekuat untuk aktivitas sehari-hari, namun memiliki kuncian yang kurang suportif pada area depan maupun dasar tumit oleh karena struktur upper yang tipis dan fleksibel.

Cushion

Sepatu ini memiliki struktur bantalan yang lebih lembut bila dibandingkan dengan versi originalnya, sehingga memiliki kenyamanan yang lebih baik untuk penggunaan sehari-hari.

Traction

Sepatu ini memiliki struktur outsole dengan kualitas traksi yang cukup baik untuk pemakaian sehari-hari, namun outsole pada AF1 klasik yang menggunakan solid rubber memiliki kualitas traksi yang lebih baik.

Flexibility – Rigidity

Air Force 1 FlyknitAir Force 1 FlyknitAir Force 1 Flyknit
Gambar 3. Sepatu ini memiliki konstruksi yang cenderung fleksibel oleh karena struktur upper yang tipis dan tidak memiliki internal heel counter, serta struktur lower yang terdiri dar sepotong IU rubber yang tergolong berigiditas rendah. Berhubung sepatu ini merupakan AF1 yang didesain untuk pemakaian sehari-hari, maka rendahnya rigiditas konstruksi sepatu ini tidak akan menjadi masalah yang bermakna.

Support

Sepatu ini memiliki konstruksi yang cukup suportif untuk sekedar beraktivitas sehari-hari, namun tentu saja sangat kurang suportif bila digunakan untuk aktivitas olahraga karena memang konstruksinya yang didesain sebagai sepatu lifestyle, dan berbeda dengan AF1 original yang didesain sebagai sepatu basket.

Air Force 1 Flyknit
Gambar 4. Struktur upper pada area tumit yang tipis dan fleksibel, serta tidak adanya penyangga yang kokoh pada area tersebut membuat kuncian pada area tumit menjadi kurang suportif dan dapat menyebabkan gangguan kestabilan pijakan bila sepatu ini digunakan untuk aktivitas olahraga yang dinamis. Keberadaan ankle straps sangatlah penting untuk mengunci pergelangan kaki dan mempertahankan kedudukan kaki.
Air Force 1 Flyknit
Gambar 5. Walau struktur ankle strap berperan penting untuk mengunci kaki area belakang dan sebagai ciri khas dari seri AF, namun keberadaan ankle strap tersebut dapat sedikit menghambat keleluasaan pergerakan pergelangan kaki ke arah depan.

Breathability

Sepatu ini menggunakan satu lapis rajutan yang tidak isolatif dan dapat memfasilitasi penguapan dengan sangat baik.

Materials Durability

Upper

Struktur rajutan pada sepatu ini memiliki kekuatan yang cukup baik terhadap friksi maupun dalam mengantisipasi tekanan dari kaki. Namun struktur upper sepatu ini tidak memiliki kemampuan proteksi yang cukup baik terhadap benturan.

Lower

Sepatu ini memiliki struktur lower yang cukup kuat dalam mengantisipasi tekanan dari kaki maupun terhadap gesekan. Namun struktur lower pada AF1 original memiliki kekuatan daya tahan yang jauh lebih baik.

Conclusion

Nike AF1 Flyknit Ultra merupakan versi modern dari sepatu klasik AF1 yang pada awalnya berkonstruksi sepatu basket dan kemudian menjadi sepatu lifestyle yang lebih nyaman untuk pemakaian sehari-hari oleh karena konstruksi yang lebih ringan, lebih fleksibel, struktur upper yang lebih memfasilitasi penguapan, dan bantalan yang lebih lembut. Sepatu ini merupakan alternatif sepatu kasual yang lebih baik dari AF1 klasik untuk sekedar pemakaian sehari – hari dan tidak direkomendasikan untuk aktivitas olahraga.

Price

Harga sepatu ini ($175), terkesan cukup mahal dan kurang sesuai bila ditinjau dari kualitas konstruksinya. Walau demikian sepatu ini berpeluang untuk dijual dengan potongan harga yang dapat mencapai 30% atau lebih.

FAQ

Apa yang membedakan sepatu ini dengan AF1 klasik?

Secara garis besar AF1 klasik memiliki konstruksi upper yang berbahan leather, memiliki bantalan yang menggunakan PU midsole, dan outsole yang menggunakan solid rubber. Sehingga sepatu AF1 klasik memiliki konstruksi yang lebih berat, berigiditas lebih tinggi (kurang fleksibel), kuncian yang lebih restriktif, dan pijakan yang lebih keras. Walau demikian AF1 klasik merupakan pilihan yang lebih baik untuk beraktivitas olahraga karena konstruksinya yang lebih suportif dan lebih protektif.

Manakah yang lebih direkomendasikan antara AF1 flyknit dengan AF1 klasik?

Sebagai sepatu kasual, AF1 Flyknit lebih direkomendasikan untuk digunakan ketika musim panas atau di area tropis yang panas, sedangkan AF1 klasik direkomendasikan untuk digunakan ketika musim dingin dan musim hujan.

Air Force 1 Flyknit.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s