Diskusi Nike Zoom Lebron Soldier 10: Sepatu Yang Digunakan Raja Basket “James” Dalam Meraih Cincin Juara Ketiga

Nike Zoom Lebron Soldier 10.jpg

Artikel ini merupakan diskusi tambahan mengenai sepatu basket Nike Zoom Lebron Soldier 10 yang telah dibahas hasil evaluasinya pada artikel Nike Zoom Lebron Soldier 10 Performance Review, sekaligus menjawab pertanyaan dari para kawan pembaca via email diarisepatubasket@gmail.com dan twitter: @MySneakersDiary.

Pendahuluan

Seri Nike Lebron Soldier merupakan sepatu basket yang dirancang sebagai alternatif untuk Lebron James selama post season (playoff) yang memulai debutnya pada tahun 2007. Seri Lebron Soldier memiliki konstruksi yang lebih ringan dan lebih mendukung fleksibilitas pergerakan bila dibandingkan dengan sepatu basket signature series utama Lebron James, namun juga memiliki konstruksi yang tidak kalah suportif dengan bantalan yang responsif.

Nike Zoom Lebron Soldier 10 merupakan sepatu basket seri Lebron Soldier pertama yang menggunakan konstruksi bootie dengan sistem kuncian yang menggunakan strap tanpa tali. Sepatu basket ini digunakan oleh Lebron James pada game 3 sampai game 7 final NBA tahun 2016.

10 jenis pertanyaan paling umum via email dan twitter

1. Apakah keunggulan yang menjadi alasan utama pemain basket untuk menggunakan sepatu ini?

  • Struktur collar yang sangat suportif bagi pergelangan kaki.
  • Bantalan yang low profile dengan HT-drop rendah.
  • Konstruksi bootie dengan inner sleeve berbusa yang dapat mengunci kaki kontur.
  • Konstruksi yang lebih ringan dan lebih fleksibel dari Lebron 13.

 

2. Apakah hal yang menjadi alasan utama pemain basket untuk tidak menggunakan sepatu ini?

  • Performa traksi yang kurang konsisten pada kondisi outsole / lapangan yang berdebu.
  • Terdapat sedikit hambatan pada pergerakan ankle.
  • Outsole yang kurang awet bila untuk digunakan pada permukaan lapangan yang kasar.

 

3. Bagaimanakan kecocokan ukuran sepatu ini?

  • Kaki medium (D) disarankan untuk menggunakan nomor ukuran TTS.
  • Kaki lebar (E) disarankan untuk menggunakan nomor ukuran TTS atau + 1/2.
  • Kaki ramping (C) disarankan untuk menggunakan nomor ukuran TTS.

 

4. Apakah cocok untuk tipe kaki dengan arkus datar?

  • Lebih direkomendasikan untuk kaki dengan arkus medium.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan orthotic insole bagi arkus datar.

 

5. Siapakah yang sangat direkomendasikan untuk menggunakan sepatu basket ini?

  • Posisi pemain basket: SF, PF, dan C.
  • Tipe pemain basket: post player rebounder, dan slasher.

 

6. Apakah sepatu basket ini memiliki performa yang terbaik untuk di golongan yang berkarakteristik versatile / semi versatile – supportive rilisan periode tahun 2016?

  • Sepatu ini merupakan salah satu pilihan sepatu basket semi versatile-supportive ber-collar tinggi dengan pijakan low profile yang terbaik di tahun 2016. Akan tetapi bukanlah pilihan yang terbaik untuk di golongan versatile oleh karena konstruksi yang kurang fleksibel dan performa traksi yang kurang konsisten.

 

7. Apakah alternatif sepatu basket rilisan periode tahun 2016 yang berkarakteristik mirip dan memiliki performa keseluruhan yang lebih baik?

  • Versatile: UA Curry 2.5 & Nike Hyperdunk 2016.
  • Semi versatile – supportive: Adidas Crazy Explosive & Adidas D Rose 7.
  • Supportive: Nike Lebron 13.

 

8. Bagaimanakah sepatu basket ini bila dibandingkan dengan Kyrie 2, Curry 2, D Lillard 2.0, KD9, dan Kobe 11 Elite?

  • Sepatu basket ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan sepatu-sepatu basket tersebut dan kurang tepat untuk diperbandingkan nilai kualitasnya secara objektif.

 

*Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini, penulis menggunakan kelompok Lebron Soldier modern (Lebron Soldier 6 – 10), yaitu sejak mulai digunakannya konstruksi hyperfuse pada upper sepatu basket Lebron Soldier 6.

 

9. Apakah sepatu ini merupakan generasi Lebron Soldier modern yang terbaik?

  • Berdasarkan pengukuran kualitas performa dan konstruksi secara keseluruhan, maka sepatu basket ini berada di posisi kedua setelah Lebron Soldier 9.
  • Sepatu ini memiliki struktur collar yang paling suportif dan memiliki sistem kuncian yang paling praktis, di antara Lebron Soldier 6 – 10.

 

10. Manakah generasi Lebron Soldier modern yang terbaik sampai sejauh ini?

  • Lebron Soldier 9 merupakan yang terbaik dalam hal versatilitas dan keseimbangan performa secara keseluruhan, termasuk perfoma traksi dan kuncian. Walau demikian sepatu ini memiliki kuncian yang bertahanan paling kuat dan dapat terasa kurang nyaman untuk pemakaian dengan durasi waktu yang panjang. Sementara Lebron Soldier 10 memiliki konstruksi dengan kuncian yang lebih nyaman karena melekat lebih sesuai dengan kontur kaki dan memiliki struktur collar yang lebih suportif bagi ankle.

Nike Zoom Lebron Soldier 9

  • Lebron Soldier 8 merupakan yang terbaik dalam hal mendukung keleluasaan pergerakan pergelangan kaki dan persendian MTP, serta memiliki konstruksi yang paling ringan. Sepatu basket ini merupakan alternatif seri Lebron Soldier yang terbaik bagi pemain basket yang membutuhkan keleluasaan pergerakan yang maksimal.

nike-zoom-lebron-soldier-8

 

Pertanyaan diskusi hasil evaluasi konstruksi yang telah dibahas pada artikel: 

Nike Zoom Lebron Soldier 10 Performance Review

 

1. Performa traksi sepatu ini mendapat bintang 3, mengapa demikian?

Performa traksi sepatu basket ini mendapat bintang 3 yang berarti dalam acuan batas rata-rata sepatu basket dengan performa traksi yang cukup baik untuk digunakan pada lapangan indoor dalam kondisi outsole dan lapangan yang bebas debu, pada lapangan outdoor berbahan concrete dan aspal dalam kondisi outsole yang bebas debu / kondisi baru, dan memiliki kualitas performa traksi yang kurang konsisten pada perubahan kondisi lingkungan.

2. Mengapa performa traksi sepatu basket ini dapat kurang konsisten?

Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya luas area permukaan kontak pada area pressure map, terutama pada ball of the foot.

Nike Zoom Lebron Soldier 10.jpg

3. Para pemain basket yang bertubuh ramping merasakan performa traksi yang kurang konsisten ketika digunakan di lapangan outdoor. Beberapa penulis review sepatu basket di situs-situs asing mengatakan bahwa outsole sepatu ini terasa licin di lapangan indoor (sebagian besar penulis tersebut bertubuh ramping dan kecil). Sedangkan Lebron James sendiri tampak tidak ada masalah dengan kualitas performa traksi saat menggunakan sepatu basket ini dan bahkan tampil eksplosif pada final NBA. Mengapa demikian?

Sesuai hukum fisika bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan gaya friksi adalah massa. Lebron James memiliki berat 249 LBS dan tinggi 6’8″ dengan BMI yang sebesar 27.4 yang tergolong overweight. Dengan demikian performa traksi sepatu basket ini tentu akan terasa lebih baik bila digunakan oleh Lebron dan para pemain basket bertubuh berat. Terlebih lagi outsole sepatu ini memiliki konsistensi yang lunak, sehingga memiliki gaya friksi yang lebih tinggi terutama ketika diberi tekanan yang lebih besar.

 

4. Sepatu basket ini memiliki struktur collar yang tinggi dan sedikit menghambat pergerakan ankle. Apakah hal tersebut adalah sesuatu yang berdampak positif atau negatif?

Konstruksi sepatu basket ini memiliki tujuan untuk melindungi ankle dengan cara membatasi pergerakan supinasi dan pronasi. Hal tersebut memiliki dampak positif pada perlindungan pergelangan kaki. Selain itu struktur collar pada sepatu ini masih lebih fleksibel daripada sepatu basket suportif pada umumnya.

 

5. Apakah sepatu ini menggunakan struktur Zoom Air yang berukuran besar? Mengapa tapak kaki kita tidak dapat merasakannya?

Sepatu ini menggunakan Zoom Air berukuran 8.7mm pada forefoot dan 14.3mm pada rearfoot, yang diletakkan pada 2/3 bagian atas struktur phylon midsole (ketebalan Zoom Air berbanding busa phylon adalah sekitar 2:1 pada masing-masing area midsole). Sehingga seharusnya tidak ada masalah dengan struktur midsole sepatu ini.

Akan tetapi sockliner sepatu ini menggunakan lapisan busa dengan ketebalan ±5.5mm dan memiliki densitas yang relatif tinggi, yang dapat meredam tekanan dengan baik. Selain itu bila sockliner dikeluarkan, maka struktur Zoom Air tampak terlihat menimbul pada insole dan terasa jelas keberadaannya ketika diinjak. Sehingga sockliner ini merupakan faktor utama yang mengurangi sensasi pijakan pada struktur Zoom Air. Solusinya adalah dengan mengganti sockliner dengan yang lebih tipis dan berdensitas sangat rendah.

 

Demikianlan diskusi tambahan mengenai sepatu basket Nike Lebron Soldier 10 dan semoga bermanfaat bagi para pembaca setia blog ini. Bila ada pertanyaan yang belum terjawab pada artikel ini dan artikel Nike Zoom Lebron Soldier 10 Performance Review, silahkan kirimkan pertanyaan via email diarisepatubasket@gmail.com atau twitter: @MySneakersDiary.

nike-zoom-lebron-soldier-10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s