Adidas NMD C1 TR “Ballistic Nylon” Sneakers Discussion

adidas-nmd-c1-tr

Pada artikel ini penulis akan membahas konstruksi Adidas NMD C1 TR yang merupakan sepatu Adidas NMD versi Chukka dengan bahan non-primeknit dan memiliki struktur outsole yang didesain untuk medan‘trail’. Konstruksi upper yang digunakan pada Adidas NMD C1 TR model S81834 ini menggunakan bahan ballistic nylon, yang dirancang untuk menghadapi cuaca dan suhu dingin di musim gugur.

This slideshow requires JavaScript.

General Information & Characteristics:
  • Price: $140.
  • Launch: Late 2016.
  • Weight: 12.8oz.
  • Type: neutral.
Pro
  • Ringan.
  • Fleksibilitas.
  • Struktur lower yang low profile.
  • Struktur outsole yang berdaya tahan kuat dan versatile.
Kontra
  • Konstruksi yang kurang suportif.
  • Konstruksi yang kurang protektif. 
Rekomendasi
Ukuran
  • Medium (D): True to size (TTS) / TTS – 1/2.
  • Lebar (E): TTS.
  • Ramping (C): TTS – 1/2.
Penggunaan
  • Sepatu kasual sehari-hari.

Upper

Bahan & Konstruksi

adidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tr
Gambar 1A. Konstruksi upper sepatu ini menggunakan bahan ballistic nylon yang berstruktur jaring berkerapatan tinggi.
adidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tr
Gambar 1B. Pada area tumit terdapat lapisan berbahan leather coklat yang dikelilingi oleh lapisan plastik hitam. Struktur lapisan leather tersebut juga memiliki peran fungsional untuk meningkatkan rigiditas area tumit.
adidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tr
Gambar 1C. Struktur tongue yang menggunakan lapisan berbahan suede.
Adidas NMD C1 TR.JPG
Gambar 1D. Sisi dalam tertutup oleh jaring nylon berkerapatan tinggi.

Lower

Sepatu ini memiliki struktur bantalan yang sama seperti Adidas NMD R1 pada umumnya dan memiliki struktur outsole yang didesain untuk medan trail.

adidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tradidas-nmd-c1-tr
Gambar 3. Outsole sepatu ini menggunakan bahan karet yang berkepadatan tinggi dengan struktur yang tebal dan memiliki celah-celah yang lebar dan dalam. Permukaan outsole sepatu ini memiliki tekstur yang kasar dan memiliki kualitas traksi yang sangat baik.

Evaluation

Fit

Sesuai dengan ukuran TTS dengan lebar medium (D) (silahkan ikuti rekomendasi ukuran).

Lockdown

Sistem kuncian dan konstruksi upper sepatu ini terbukti kurang cukup adekuat dalam mengunci kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS. Kualitas kuncian pada sepatu ini terkesan kurang cukup efektif dalam mencegah peranjakan tumit dan pergeseran kaki. Hal tersebut disebabkan sistem pentalian yang terlalu minimal dan ruang area tumit yang cukup besar.

Cushion

Kualitas bantalan sepatu ini relatif sama seperti Adidas NMD R1 pada umumnya.

Traction

Kemampuan traksi sepatu ini terbukti cukup baik ketika digunakan pada berbagai jenis medan trail.

Flexibility – Rigidity

Konstruksi sepatu ini tergolong memiliki tingkat rigiditas yang rendah atau lebih fleksibel dari rata-rata sepatu trail pada umumnya.

Support

Konstruksi sepatu ini terkesan kurang suportif oleh karena memiliki struktur counter dengan tingkat rigiditas rendah dan terdapat kelemahan kuncian yang cukup bermakna pada area tumit. Walau demikian sepatu ini memiliki struktur lower yang masih dapat mendukung kestabilan torsional.

Breathability

Sepatu ini dirancang untuk menghadapi musim gugur, sehingga struktur upper sepatu ini bertujuan untuk mengisolasi panas.

Materials Durability

Upper

Sepatu ini memiliki struktur upper yang berdaya tahan cukup kuat terhadap friksi, namun akan lebih baik bila terdapat lapisan plastik tambahan untuk melindungi area-area tepi depan yang rawan terhadap friksi dan benturan.

Lower

Sepatu ini menggunakan struktur bantalan Boost yang telah teruji memiliki daya tahan yang kuat. Sedangkan outsole sepatu ini memiliki struktur yang tebal dan berkepadatan tinggi, yang terkesan berdaya tahan kuat untuk digunakan sebagai sepatu trail.

Conclusion

Berdasarkan hasil evaluasi konstruksinya, Adidas NMD C1 TR tidak memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan sebuah konstruksi sepatu trail, salah satunya adalah kualitas kuncian yang kurang adekuat pada area tumit dan konstruksi upper yang kurang suportif. Dengan demikian Adidas NMD C1 TR sebenarnya merupakan sepatu kasual biasa dengan struktur outsole yang didesain untuk medan trail.

Penulis tidak merekomendasikan Adidasn NMD C1 TR sebagai sepatu khusus trail, melainkan sebagai sepatu kasual biasa untuk digunakan di taman-taman kota dengan permukaan rumput dan tanah yang datar. Dan sebaiknya gunakanlah sepatu ini untuk di tempat beriklim dingin dan kering, sesuai dengan tujuan desain konstruksinya.

adidas-nmd-c1-tr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s