Teknologi Nike Zoom Air

Nike Zoom Air.jpg

Sejarah singkat teknologi Nike Zoom Air

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1995 melalui sepatu Nike Air Zoom LWP, konstruksi bantalan Zoom Air telah mengalami banyak perkembangan menjadi lebih efisien dalam menghasilkan daya reaksi pijakan. Konstruksi visible Zoom Air diperkenalkan pertama kali melalui Nike Air Zoom Citizen yang dirilis pada tahun 1999. Konstruksi visible zoom air yang berukuran lebih besar dan terkurung oleh kerangka Pebax diperkenalkan pertama kali melalui Nike Air Zoom Spiridon yang dirilis tahun 2003.

Periode tahun 2012 – 2015 dapat disebut sebagai masa keemasaan perkembangan teknologi Zoom Air pada sepatu basket. Pada periode tersebut mulai bermunculan berbagai konstruksi Zoom Air yang diaplikasikan pada berbagai produk sepatu basket andalan Nike, misalnya: konstruksi full-length Max Zoom Air pada Nike Lebron X, kombinasi full-length Lunarlon dengan full-length Zoom Air pada Nike Lebron 11, Hexagonal Zoom Air pada Nike Lebron 12, kombinasi Zoom Air dengan teknologi FlightPlate pada Air Jordan XX9, dan masih banyak lagi.

Memahami konstruksi bantalan berteknologi Zoom Air

Bantalan Zoom Air merupakan bantalan yang berupa kantong bertekanan udara dengan serat – serat sintetik yang berelastisitas tinggi, yang tersusun secara vertikal. Serat – serat sintetik tersebut berfungsi untuk memberikan gaya reaksi terhadap gaya tekan yang dihasilkan tapak kaki pada permukaan lantai.

Nike Zoom AirNike Zoom Air.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s