Teknologi Nike Flyknit

Nike Flyknit.jpg

Sejarah singkat teknologi Nike Flyknit

Teknologi Flyknit diperkenalkan pertama kalinya pada Februari 2012 melalui sepatu Nike Flyknit Trainer HTM dan Nike Flyknit Racer. Pada tahun 2013 teknologi ini mulai diaplikasikan pada sebagian besar produk andalan sepatu olahraga Nike seperti Nike Free Flyknit, Nike Flyknit Lunar, dan Nike Flyknit Air MaxPada tahun 2014 teknologi Flyknit diaplikasikan pada sepatu basket dengan Nike Kobe 9 Elite sebagai sepatu basket pertama dan satu-satunya yang menggunakan teknologi ini pada tahun tersebut.

Memahami konstruksi upper berteknologi Flyknit

Bahan Flyknit pada dasarnya adalah sebuah kain hasil rajutan. Jadi sepatu berkonstruksi Flyknit dapat disebut sebagai sepatu yang menggunakan kain rajutan pada upper.

Nike Flyknit Racer.jpg

Aplikasi teknologi Flyknit bertujuan untuk menghasilkan sepatu olahraga yang sangat ringan, memiliki sirkulasi udara yang baik, dapat mengunci kaki sesuai dengan kontur kaki dan memiliki fleksibilitas yang dapat memberikan keleluasaan pergerakan kaki secara alami.

Aplikasi teknologi Flyknit pada sepatu olahraga

Penulis menggunakan Nike Flyknit Racer untuk memudahkan penjelasan aplikasi teknologi Flyknit pada sepatu olahraga. Silahkan simak gambar – gambar berikut ini:

Pada area forefoot tampak berbagai variasi rajutan yang diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan performa, antara lain:

  • Panah kuning: Pada bagian tepi tampak menggunakan rajutan yang berkerapatan tinggi untuk memperkuat struktur lapisan upper. Tujuannya adalah untuk mendukung kekuatan kuncian dan kestabilan pijakan.
  • Panah hijau: Pada sekitar bagian atas forefoot terdapat rajutan-rajutan yang sedikit lebih renggang dari bagian tepi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya regang struktur upper dan mendukung fleksibilitas area depan.
  • Lingkaran merah: Pada area tengah bagian atas forefoot tampak rajutan yang berkerapatan sangat rendah, yang bertujuan untuk memfasilitasi sirkulasi udara pada toe box.
Nike Flyknit Racer.jpg
Berikut ini merupakan penampakan berbagai variasi struktur rajutan pada area depan secara detail:
Nike Flyknit RacerNike Flyknit Racer

Pada area midfoot tampak struktur rajutan yang renggang dan terdapat flywire cables yang dirajut menjadi satu kesatuan dengan struktur lapisan upper. Dengan demikian pada area midfoot yang renggang tersebut masih memiliki struktur upper cukup suportif dalam mendukung kekuatan kuncian dan kestabilan pijakan.

This slideshow requires JavaScript.

Pada area rearfoot tampak struktur rajutan yang berkerapatan tinggi dan didukung oleh flywire cables yang dirajut ke dalam struktur dinding upper.

Nike Flyknit Racer.jpg
Conclusion

Teknologi Flyknit telah membuka paradigma baru mengenai konstruksi upper sepatu olahraga yang sebelumnya didominasi oleh struktur jaring tekstil yang dikombinasikan dengan bahan leather atau plastik sintetik. Sebuah sepatu olahraga yang sangat fleksibel, bersirkulasi udara baik, dan suportif, ternyata dapat diwujudkan dengan selembar kain rajutan dengan berbagai variasi tingkat kerapatan. Teknologi ini tampaknya masih akan terus dikembangkan dan diperluas aplikasinya ke berbagai produk-produk sepatu olahraga Nike.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s