Adidas D Rose 6 Boost “Aurora Borealis” (Primeknit) Detailed Review

01. Adidas D Rose 6 Boost Aurora Borealis.JPG

Sepatu ini merupakan satu-satunya edisi DRose 6 yang menggunakan primeknit. Sepatu ini merupakan bagian dari “Adidas Aurora Borealis Collection” dalam rangka merayakan NBA All Star Weekend di Toronto. Pada artikel ini hanya membahas konstruksi upper; evaluasi kualitas kuncian dan kecocokan ukuran;  serta pembahasan edisi Aurora Borealis dari sudut pandang kolektor. Pembahasan performa Adidas D Rose 6 Boost sepatu ini secara lengkap dapat dilihat di artikel hasil evaluasi konstruksi untuk D Rose 6.

*Style: Q16507.

This slideshow requires JavaScript.

Upper

Bahan & Konstruksi

Silahkan simak gambar – gambar berikut ini:

Adidas D Rose 6 Boost Primeknit copyAdidas D Rose 6 Boost Primeknit
Konstruksi upper pada area depan menggunakan bahan primeknit dengan berbagai tingkat kerapatan yang disesuaikan dengan kebutuhan performa. Pada forefoot tampak struktur upper dengan motif Aurora Borealis (Northern Lights) yang dibentuk dari dua jenis rajutan tekstil yang berbeda.
Adidas D Rose 6 Boost Aurora Borealis copyAdidas D Rose 6 Boost Aurora Borealis
Konstruksi upper pada area belakang midfoot tampak memiliki struktur rajutan yang berkerapatan lebih tinggi untuk menunjang kekuatan kuncian pada midfoot.
Adidas D Rose 6 Boost Aurora BorealisAdidas D Rose 6 Boost Primeknit copyAdidas D Rose 6 Boost Primeknit
Struktur tongue pada bagian atas menggunakan bahan tekstil yang dibuat menyerupai suede dan menggunakan lapisan reflektif ‘Xeno’ pada logo Adidas. Sementara struktur tongue pada bagian bawah menggunakan rajutan tekstil yang berkerapatan rendah.
Adidas D Rose 6 Boost Aurora BorealisAdidas D Rose 6 Boost Aurora Borealis
Struktur upper pada sepatu ini terdiri dari dua lapis rajutan tekstil. Pada sisi dalam dinding upper terdapat tali-tali nylon yang terintegrasi dengan sistem pentalian.
Adidas D Rose 6 Aurora BorealisAdidas D Rose 6 Boost Primeknit.JPG

 

Bahan upper pada rearfoot dan pull tab menggunakan bahan tekstil yang dibuat menyerupai suede (sama seperti bahan pada tongue). Logo Rose pada sisi belakang menggunakan lapisan reflektif.
Adidas D Rose 6 Aurora BorealisAdidas D Rose 6 Boost Aurora Borealis
Sama halnya seperti edisi D Rose 6 lainnya, area belakang sepatu ini menggunakan molded foam collar yang tebal. Yang sedikit berbeda adalah bahan pada lapisan dalam area collar yang menggunakan rajutan tekstil. Sisi positif dari lapisan bahan tersebut adalah dapat memberikan gaya friksi terhadap kaus kaki. Namun sisi negatifnya adalah lebih rentan untuk terkoyak pada gesekan, terlebih lagi bila dalam kondisi yang basah oleh keringat.

Cushion

Konstruksi bantalan sepatu ini sama seperti edisi D Rose 6 Boost lainnya, yakni dua potong bantalan boost tebal yang masing – masing diletakkan pada forefoot dan rearfoot, dengan bantalan berbahan EVA padat pada midfoot.

Outsole

Outsole sepatu ini menggunakan bahan non-marking rubber yang dilapisi bahan glow in the dark.

Evaluation

Fit

Nomor ukuran sepatu ini sesuai dengan ukuran true to size kaki medium (D) pada pengukuran dengan alat Brannock. Ruang pada area forefoot masih dapat meregang sampai sekitar 4″ (9 US), sehingga bagi yang memiliki kaki lebar (E) masih dapat menggunakan sepatu ini dengan nomor ukuran true to size.

Lockdown

Walau menggunakan bahan rajutan tekstil yang berkerapatan rendah, namun edisi ini memiliki kualitas kuncian yang sangat baik. Hal tersebut disebabkan desain konsruksi primeknit yang cukup suportif (terdiri dari dua lapis rajutan tekstil dan memiliki struktur rajutan yang berkerapatan tinggi pada tepi samping dan area midfoot) dan didukung sistem pentalian yang terintegrasi dengan tali-tali nylon pada sisi dalam dinding upper.

Considerations

Adidas D Rose 6 Boost Primeknit ini merupakan alternatif model D Rose 6 yang sangat baik dari aspek performa, kenyamanan, dan estetika. Walau secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan kualitas performa yang cukup bermakna bila dibandingkan dengan edisi-edisi lainnya, namun terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih edisi ini, antara lain:

Pros & Cons

Lightweight
Kelebihan utama edisi ini adalah konstruksinya yang lebih ringan dari edisi-edisi D Rose lain pada umumnya (16.8 oz), yakni sekitar 16 oz.

Materials flexibility
Edisi berbahan primeknit ini memiliki fleksibilitas yang lebih baik dari edisi-edisi D Rose 6 lain pada umumnya. Kelebihan pada aspek ini dapat dirasakan pada pergerakan persendian MTP (saat berjinjit dan saat melakukan gerakan yang bertumpu pada ball of the foot).

Breathability
Edisi berbahan primeknit ini memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dari edisi-edisi reguler D Rose 6 pada umumnya.

Toe Protection
Edisi ini menggunakan bahan rajutan tekstil yang fleksibel dan tidak memiliki struktur area toe box yang sekokoh edisi D Rose 6 pada umumnya. Sehingga area jari kaki akan lebih rentan terhadap trauma.

Collector’s Prespective

Esthetic 👍🏼👍🏼😎

Sepatu basket ini memiliki penampilan unik dengan lapisan glow in the dark yang diaplikasikan pada outsole, rajutan bermotif northern lights pada area depan, dan heel counter plastik. Sangat disayangkan struktur heel strap pada sepatu ini tidak diberikan lapisan glow in the dark juga. Selain itu sepatu ini juga menggunakan lapisan reflektif ‘Xeno’ yang diaplikasikan pada logo Adidas dan logo Rose.

Adidas D Rose 6 Boost Aurora BorealisAdidas D Rose 6 Boost PrimeknitAdidas D Rose 6 Aurora Borealis.JPG

Rarity 😏

Edisi ini tergolong general release yang sangat mudah didapatkan di berbagai penjual ritel dan pasar sekunder.

Collectible 🤔

Sepatu ini hanya memiliki nilai koleksi yang bermakna di kalangan kolektor fanatik sepatu basket All Star.

Value 📉

Edisi ini dijual dengan harga reguler ($140) dan berpeluang untuk diobral dengan potongan harga yang dapat mencapai 30% atau lebih di berbagai penjual ritel resmi dan pasar sekunder.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s