Nike Air Max Sensation / Chris Webber Signature Series Performance Review

Nike Air Max Sensation.jpg

Pada artikel ini penulis akan membahas hasil evaluasi sepatu basket klasik “Nike Air Max CW” yang merupakan sepatu basket signature series milik Chris Webber yang pertama kali dirilis pada tahun 1995. Nike Air Max “CW” yang sekarang dikenal dengan nama Nike Air Max Sensation ini merupakan salah satu sepatu basket termahal pada pertengahan tahun 90’an dan bahkan lebih mahal dari sepatu Air Jordan pada masa itu. Sepatu basket Nike Air Max Sensation ini mengalami sedikit modifikasi penampilan bila dibandingkan dengan model originalnya, yaitu dihilangkannya logo “CW” (Chris Webber) dan nomor 2 (nomor punggung Chris Webber di tim basket Washington Bullets) pada sisi belakang. Selain dari modifikasi penampilan, sepatu ini memiliki fitur-fitur utama yang sama dengan versi originalnya.

*Model yang digunakan pada artikel ini adalah warna baru Nike Air Max Sensation “Summit White/University Red” (805897 101) rilisan awal tahun 2016, yang terinspirasi dari warna original Nike Air Max 1.

This slideshow requires JavaScript.

General Information & Characteristics:
  • Price: $160.
  • First released: 1995.
  • Weight: 17 oz.
  • Type: Versatile – Supportive.
  • Profile: F(± 28.6mm), H(± 38.1mm), & HT drop (± 9.5mm).

Pro

  • Konstruksi upper yang kokoh, protektif, dan suportif.
  • Struktur outsole yang berdaya tahan sangat kuat.
  • Struktur bantalan yang sangat protektif terhadap tumbukan.
Kontra
  • Sangat berat.
  • Struktur bantalan yang kurang responsif.
  • Struktur upper yang isolatif dan kurang mendukung penguapan.
Rekomendasi
Ukuran
  • Medium (D): True to size (TTS).
  • Lebar (E): TTS.
  • Ramping (C): TTS.
Tipe Arkus
  • Medium: sangat direkomendasikan.
  • Rendah: direkomendasikan dengan insole khusus arkus rendah.
  • Tinggi: direkomendasikan / dengan insole khusus arkus tinggi.
Posisi Pemain
  • Sangat direkomendasikan: PF & C.
  • Direkomendasikan juga untuk: SF & SG.
Tipe Pemain
  • Sangat direkomendasikan: rebounder & post player.
  • Direkomendasikan juga untuk: slasher & perimeter shooter.
Jenis Lapangan
  • Direkomendasikan: semua jenis lapangan basket.

Upper

Bahan

Konstruksi upper sepatu ini menggunakan bahan leather, synthetic leather, dan tekstil.

Konstruksi

Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 1A. Struktur upper pada 1/3 area depan yang menggunakan leather overlays.
nike-air-max-sensationnike-air-max-sensation
Gambar 1B. Struktur upper pada 2/3 area belakang yang menggunakan leather dan synthetic leather yang berlapis-lapis.
nike-air-max-sensationnike-air-max-sensation
Gambar 1C. Tekstu lapisan leather dan synthetic leather.
Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 1D. Struktur upper pada 1/3 area belakang yang terdiri dari lapisan-lapisan leather dan synthetic leather, dengan pull tab yang berbahan leather dan setengah lingkaran pada area pergelangan kaki yang menggunakan bahan sintetis.
Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 1E. Struktur tongue dengan busa tebal yang menggunakan synthetic leather dan tekstil.
Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 1F. Sepatu ini menggunakan lapisan tekstil sebagai lining. Pada kedua sisi samping pertengahan tongue terdapat straps elastis yang sangat umum digunakan produk sepatu basket tahun 90-an.
Nike Air Max Sensation.jpgNike Air Max Sensation.jpg
Gambar 1G. Sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang umum digunakan pada sepatu basket Nike klasik tahun 90’an, yaitu tali yang terhubung dengan lubang tali plastik dengan straps elastis pada sisi atas tongue.
nike-air-max-sensationnike-air-max-sensation
Gambar 1H. Sepatu ini menggunakan busa collar yang berdensitas rendah, sangat tebal, dan memiliki luas penampang yang besar.

Lower

Bahan

Konstruksi lower sepatu basket ini menggunakan PU midsole, Air Sole, dan solid rubber outsole.

Konstruksi

Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 2A. Bantalan sepatu ini menggunakan PU midsole pada sepanjang kaki dengan struktur Air sole berukuran besar yang ditempatkan pada forefoot dan rearfoot.
nike-air-max-sensationnike-air-max-sensation
Gambar 2B. Sepatu ini menggunakan sockliner berbahan dasar PU yang berdensitas tinggi dan memiliki ketebalan sekitar ±5mm.
nike-air-max-sensation
Gambar 2C. Sepatu ini menggunakan outsole berbahan solid rubber dengan pola traksi herringbone yang ditempatkan pada area ball of the foot dan tumit.

Evaluation

Fit

Berikut ini merupakan hasil pengukuran dimensi ruang sepatu bernomor ukuran 9 (US) yang dibandingkan dengan model kaki standard berukuran panjang 9 (US) dengan lebar medium (D) berdasarkan pengukuran dengan Brannock device:

Forefoot
  • Panjang toe box: Cukup sesuai dengan ukuran TTS dan cenderung panjang.
  • Sirkumferensial toe box: Memiliki ukuran yang cukup sesuai dan cenderung besar.
  • Sirkumferensial ball of the foot: Memiliki ukuran yang cukup sesuai dan melekat kuat sesuai kontur kaki tanpa tahanan yang berlebih.
Midfoot

Cukup sesuai dengan ukuran midfoot dan dapat melekat kuat sesuai dengan kontur kaki tanpa tahanan yang berlebih.

Rearfoot

Cukup sesuai dengan lingkaran pergelangan kaki dan cenderung besar pada area tumit.

Lockdown

Berdasarkan hasil evaluasi pada kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang tergolong cukup adekuat, namun masih memiliki kemungkinan untuk terjadinya kelemahan kuncian pada variasi bentuk dan ukuran kaki medium (D) yang cenderung lebih ramping atau kaki ramping (C) pada nomor ukuran TTS. Kelemahan kuncian tersebut disebabkan oleh karena ruang yang relatif besar dan struktur dinding upper yang kurang dapat melekat sesuai kontur kaki.

*Struktur upper yang sangat tebal dan terfikasi pada struktur penyangga yang solid, membuat dinding upper sepatu ini memiliki tahanan yang kuat. Keuntungan dari hal tersebut adalah dapat menahan kaki agar tidak bergeser keluar dari alasnya. Sedangkan kerugian dari hal tersebut adalah pada bagian dasar yang terfiksasi dengan penyangga kurang dapat melekat sesuai kontur kaki apabila memiliki ruang yang relatif lebih lebar terhadap ukuran lebar kaki.

Nike Air Max Sensation.jpg
Gambar 3. Sepatu ini memiliki konstruksi yang suportif dengan didukung struktur upper yang tebal dan terdapat penyangga berbahan PU pada kedua sisi samping tepi bawah upper. Sehingga walau bagi yang memiliki kaki agak ramping dapat mengalami pergeseran kaki dan sedikit peranjakan tumit, akan tetapi tebalnya struktur upper dan kokohnya penyangga PU tersebut setidaknya dapat menahan kaki dengan sempurna agar tidak bergeser melewati footbed.

Cushion

Hasil Evaluasi:

  • Daya reaksi forefoot : kurang responsif.
  • Daya reaksi rearfoot : kurang responsif.
  • Proteksi terhadap tumbukan: sangat baik.
  • Profil berkategori tinggi : F (± 28.6mm) & H (± 38.1mm).
  • HT-drop berkategori tinggi : ± 9.5mm.
  • Fungsi proprioseptif: kurang.
Analisa Daya Reaksi dan Daya Regang

Sepatu basket ini menggunakan struktur Air sole pada forefoot dan rearfoot yang berukuran besar dan menggunakan lapisan busa PU yang berdensitas tinggi. Struktur bantalan sepatu ini memiliki kemampuan daya redam terhadap tumbukan yang sangat baik, sehingga daya reaksi pada bantalan sepatu ini relatif kecil oleh karena sebagian besar energi tersebut diredam oleh Air Sole.

*Saat fase lepas landas pada mekanisme lompat, dapat merasakan daya lenting pada forefoot yang cukup tinggi. Hal tersebut bukan disebabkan dari daya reaksi bantalan, melainkan dari rigiditas struktur sole yang tinggi.

Analisa Transisi Tumit-Jari

Sepatu ini memiliki struktur lower yang kurang optimal dalam mendukung kecepatan transisi tumit-jari oleh karena HT-drop yang tinggi dan memiliki pijakan yang kurang responsif.

Analisa Fungsi Proprioseptif Tapak Kaki

Sepatu ini menggunakan struktur bantalan yang sangat tebal, sehingga kurang mendukung fungsi proprioseptif tapak kaki.

Traction

Hasil Evaluasi Fungsional:

  • Forward & Backward : ⭐ ⭐
  • Lateral Movement : ⭐ ⭐
  • Braking : ⭐ ⭐
  • Changing Direction: ⭐ ⭐
  • Stop n Go : ⭐ ⭐
  • Performance Consistency : ⭐ ⭐
Nike Air Max Sensation.jpgNike Air Max Sensation.jpg
Gambar 4. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas traksi yang sangat baik dan cukup konsisten di berbagai jenis medan lapangan oleh karena tingginya luas permukaan kontak dan permukaan outsole yang kasar dan memiliki koefisien friksi yang tinggi. Selain itu penggunaan pola traksi herringbone pada area pressure map sangat mendukung gaya traksi dari berbagai arah. Dengan struktur outsole yang tebal dan berdensitas tinggi membuat sepatu ini sangat cocok untuk digunakan di lapangan outdoor yang kasar.

Flexibility – Rigidity

Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki tingkat rigiditas yang tergolong tinggi.

Range of Motion Assessment

Sepatu ini memiliki keleluasaan pergerakan pergelangan kaki yang sangat baik, oleh karena struktur collar yang terdiri dari busa yang berdensitas rendah dan desain collar dengan u-shaped pada sisi belakang.

Support

Sepatu ini memiliki konstruksi upper dan lower yang cukup suportif dalam mendukung kestabilan pijakan pada aktivitas olahraga basket yang berintensitas tinggi. Sepatu ini memiliki struktur upper yang tebal dan sangat suportif, serta memiliki penyangga yang sangat kokoh dengan struktur lower yang berigiditas tinggi.

Breathability

Sepatu ini memiliki konstruksi upper yang isolatif dan tidak dapat memfasilitasi penguapan dengan cukup adekuat.

Materials Durability

Sepatu ini memiliki struktur upper dan lower yang sangat kuat dan berada di atas rata-rata dalam hal kekuatan daya tahan dan kekokohan.

Conclusion

Nike Air Max Sensation tergolong sebagai sepatu basket serba guna yang suportif dengan struktur bantalan yang tebal dan sangat protektif terhadap tumbukan, serta memiliki outsole yang direkomendasikan untuk semua jenis lapangan basket. Kelebihan sepatu basket ini bila dibandingkan dengan produk sepatu basket modern periode tahun ≥2010 adalah struktur bantalannya yang sangat protektif, serta konstruksinya yang sangat kokoh dan berdaya tahan kuat. Sedangkan kekurangan sepatu basket ini adalah konstruksinya yang sangat kurang efisien dalam mendukung performa. Walau demikian Nike Air Max Sensation merupakan salah satu sepatu basket klasik yang wajib dimiliki oleh para kolektor Air Max dan kolektor sepatu basket 90’an, setidaknya untuk model dengan warna original yang pernah digunakan oleh Chris Webber pada tahun 1995.

NBA Players

Sepatu basket ini merupakan andalan utama Chris Webber pada kompetisi NBA periode 1995-1996. Sepatu basket ini juga pernah terlihat digunakan oleh spesialis penembak 3 angka: Courtney Lee (SG) dan playmaker atletis: Isaiah Thomas (PG) pada tahun 2015 ketika Nike Air Max Sensation dirilis kembali untuk pertama kalinya sejak tahun 2002.

salah satu penampilan Chris Webber dengan sepatu ini dapat dilihat pada cuplikan berikut ini:

Price

Harga rsepatu ini ($160) tergolong dalam kategori kelas menengah yang cukup sesuai dengan kualitas konstruksinya. Walau demikian bila ditinjau sebagai sepatu basket untuk kebutuhan performa, maka sepatu ini terkesan sangat mahal karena konstruksinya yang kurang efisien dalam mendukung performa permainan. Sepatu ini berpeluang untuk diobral dengan potongan harga yang dapat mencapai 30% atau lebih dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada berburu Nike Air Max “CW” original yang kondisinya sudah termakan usia dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Nike Air Max Sensation.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s