Adidas T-Mac 3 “Aurora Borealis” Review

Pada artikel kali ini aye akan berbagi info mengenai Adidas T-Mac 3 Triple White yang merupakan bagian dari Adidas Aurora Borealis Tripe White Collection (Adidas T-Mac 3 Blue, Adidas T-Mac 3 Green, dan Adidas D Lillard 2.0), yang dirilis dalam rangka meramaikan pasar sepatu basket edisi All Star. Hal unik dari edisi Aurora Borealis ini adalah aplikasi bahan glow-in-the-dark yang akan membuat sepatu ini menyala terang di dalam kegelapan.

*Style: AQ7992. Release date: February 11, 2016.

Desain Adidas Adidas T-Mac 3 Triple White
Sesuai dengan nama edisinya (triple white), sepatu ini menggunakan warna putih pada seluruh upper dan sebagian besar sole, yang dikombinasikan dengan warna biru/hjau pada sebagian solid rubber outsole dan plat plastik pada counter. Bahan leather diaplikasikan pada sisi lateral dan counter, sementara bahan lapisan sintetik diaplikasikan pada sisi medial. Silahkan lihat penampakan dari 3 posisi (lateral, belakang, dan medial) pada gambar-gambar berikut ini:

Tekstur bahan leather sepatu ini secara sekilas mengingatkan aye pada saffiano leather-nya tas Michael Kors. Walau mirip tapi tetap saja tidak sama.

Secara detail, bahan leather putih yang diaplikasikan pada sisi lateral tampak sangat rapi. Secara subjektif, aye puas dengan kualitas leather pada sepatu ini.

Demikian pula dengan tongue sepatu ini yang menggunakan bahan leather yang sama seperti pada upper sisi lateral. Namun bahan leather pada logo T-Mac (gambar di bawah: panah kuning) memiliki tekstur yang berbeda dan mirip seperti premium leather yang digunakan sepatu Air Jordan retro.

Bagi yang sudah penasaran dari tadi: Rambut-rambut apakah yang digunakan pada tongue dan collar sepatu ini? Pony hair aslikah atau sintetik? Rambut tersebut (pony hair hanyalah istilah fashion) dibuat dari bulu sapi asli berkualitas tinggi yang di import dari Italy (serius loh, tidak bercanda).

Pada gambar-gambar di bawah ini tampak struktur bagian dalam sepatu ini, seperti desain tongue klasik yang menggunakan neoprene straps pada sisi samping, lining berbahan tekstil berkerapatan tinggi dengan lubang-lubang tali yang berada pada sisi dalam, busa collar yang tebal, dan insole berlogo T-Mac.

Outsole sepatu ini menggunakan warna biru (warna hijau pada alternatif lainnya) pada area solid rubber berpola herringbone. Desain outsole sepatu ini terkesan memiliki kualitas performa traksi yang cukup meyakinkan untuk digunakan pada berbagai medan lapangan.

Bagi kawan-kawan penggemar Adidas T-Mac tentu masih ingat dengan Torsion System generasi jaman dulu yang berupa plat plastik utuh dari rearfoot sampai tepi lateral forefoot. Fungsi dari Torsion System tersebut adalah mempercepat kecepatan transisi tumit-jari, meningkatkan rigiditas torsional dalam upaya menstabilkan pijakan pada midfoot, dan menyangga tepi lateral. Torsion System merupakan salah satu hasil teknologi Adidas sejak tahun 1988 yang sangat sukses dan menginspirasi desain plat midfoot modern yang multifungsional.

On Feet
Nomor ukuran sepatu ini sesuai dengan ukuran true size kaki medium (D) pada pengukuran dengan alat Brannock. Adidas T-Mac 3 Triple White ini lebih cocok digunakan sebagai sepatu kasual daripada digunakan untuk bermain basket. Terlebih lagi dengan aplikasi lapisan glow-in-the-dark, maka sepatu ini sangat cocok digunakan oleh penggemar sepatu basket yang suka pergi ke klub malam.

Considerations
Materials ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
Sepatu ini menggunakan upper berbahan leather dengan hasil akhir yang sangat rapi dan produk pony hair yang di import dari Italy (seakan-akan barang dari Italy sudah pasti berkualitas tinggi, tapi siapa yang tahu? :p). Namun secara subjektif aye kurang suka lapisan sintetik pada sisi medial sepatu ini.

Esthetic ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
Entah mengapa konsep desain triple white (dan triple black) yang sederhana sangatlah populer dan pada umumnya bernilai koleksi cukup tinggi (bagi aye sih biasa saja). Akan tetapi sepatu dengan desain minimalis ini menggunakan bahan glow-in-the-dark pada hampir seluruh area sepatu ini yang akan membuatnya menyala terang dalam kegelapan.

Rarity ⭐
Sepatu ini tersedia dalam kuantitas besar di semua toko ritel resmi Adidas selama persediaan masih ada.

Value ⭐ ⭐ ⭐
Sepatu ini memiliki makna yang cukup berarti bagi penggemar Adidas T-Mac dan bagi para penggemar edisi All Star. Terlebih lagi sepatu ini digunakan langsung oleh Tracy McGrady pada 2016 NBA Celebrity All Star Game. Namun sepatu ini tampaknya kurang mendapat antusiasme yang cukup tinggi di kalangan kolektor sepatu basket pada umumnya.

Silahkan bagi yang ingin melihat aksi Tracy McGrady saat menggunakan sepatu ini pada NBA Celebrity All Star Game (2016):

Price ⭐ ⭐ ⭐
Harga $150 cukup sesuai dengan kualitas material dan nilai intrinsik yang dimiliki sepatu ini. Tidak seperti sepatu retro produk saingan utamanya yang pada umumnya overrated dan overpriced (kau-tahu-siapa). Walau kemungkinan besar sepatu ini akan bisa didapatkan dengan harga obralan 10-15%, bila melihat kurangnya antusiasme pembeli dan kuantitas yang cukup banyak di penjual ritel. Atas dasar pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka harga tersebut aye kasih nilai netral saja (bintang tiga).
*Semakin tinggi bintangnya (di atas tiga), maka semakin good deal! Sedangkan semakin rendah bintangnya (di bawah tiga), maka semakin kemahalan harganya bila ditinjau dari kualitas bahan, kenyamanan, performa, dan prospek perubahan harga.

Comfort ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
Sepatu ini memiliki kenyamanan kuncian dan bantalan yang cukup baik. Sedikit hal yang mengurangi kenyamanan pada sepatu ini adalah cukup panas dan cukup berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s