Nike Air Max VT “Royal Blue” Review

Pada awal tahun 2016 ini Nike kembali merilis Air Max 1 dan Air Max 90 dengan konstruksi upper berteknologi VT (Vac-Tech). Sepatu berkonstruksi VT tersebut memiliki desain yang sangat cocok untuk digunakan pada saat musim dingin dan musim hujan karena struktur upper yang anti air dan dapat mengisolasi panas di dalam sepatu dengan sangat baik.
Yang dimaksud VT pada sepatu Nike merupakan suatu teknik meletakkan lapisan plastik pada permukaan upper dengan cara divakumkan dan kemudian direkatkan dengan pemanasan. Sehingga hasilnya adalah sebuah struktur upper dengan lapisan terluar yang berupa sepotong lapisan plastik.
Untuk mempermudah dalam memahami bagaimana proses thermoforming dengan vakum silahkan melihat video berikut ini: Thermoforming.
Silahkan lanjutkan menyimak review Air Max 1 ‘Royal One’ dan Air Max 90 ‘Weather Ready’ berikut ini:
Air Max 1 ‘Royal One’
Sepatu Air Max 1 ini menggunakan bahan premium leather hitam pada bagian depan dan sisi bawah bagian belakang dengan lapisan plastik biru yang diaplikasikan pada sisi atas quarter dan counter. Sole sepatu ini menggunakan warna hitam pada midsole dan warna coklat pada outsole.
Air Max 90 ‘Weather Ready’
Seluruh permukaan Air Max 90 ini dilapisi oleh lapisan plastik biru dengan midsole yang berwarna putih dan outsole yang berwarna coklat.
AM 1 vs AM 90
Bila harus memilih salah satu di antara dua sepatu ini, pilihan manakah yang lebih baik?
Secara pribadi penulis akan lebih memilih AM 90 karena bahan plastik yang diaplikasikan pada seluruh permukaan upper akan lebih baik ketika menghadapi cuaca hujan, salju, genangan air, serta mengisolasi panas di dalam sepatu dengan lebih baik. Selain itu AM 90 memiliki struktur tongue dan busa collar yang lebih tebal sehingga memiliki kualitas kuncian yang terasa lebih baik dan lebih nyaman secara subjektif menurut penulis.
Outsole pada AM 90 juga memiliki desain yang lebih baik dalam menghadapi medan jalanan berair, salju, dan tanah becek yang licin. Perhatikan pada gambar berikut ini dimana outsole pada AM 90 memiliki tonjolan yang lebih tinggi dan lebih renggang.
Apakah masih ada kelebihan AM 1 dibandingkan AM90 pada edisi VT ini?
Ada! Pada AM 1 masih terlihat menggunakan premium leather yang membuatnya terkesan lebih mewah dibandingkan AM 90 yang seluruhnya dilapisi plastik dan tampak seperti sepatu boot murah. Selain itu lapisan dalam area depan pada AM 1 menggunakan bahan fleece yang membuatnya memiliki permukaan lapisan dalam yang lebih lembut dibandingkan AM 90, walau sebenarnya tergantung selera pemakainya juga.
On Feet
Sama halnya seperti edisi Air Max 1 dan  Air Max 90 lainnya, kecocokan ukuran sepatu ini sesuai dengan ukuran true size kaki medium (D) berdasarkan pengukuran dengan alat Brannock.
Secara subjektif, estetika kedua edisi ini tampak kurang menarik dan kurang ekspresif. Nike seharusnya dapat menghasilkan desain yang lebih kreatif lagi dari sekedar membuat sepatu tahan cuaca dingin yang polos dan membosankan.
Perlu diingat kembali bahwa sepatu ini memiliki konstruksi yang protektif untuk menghadapi musim dingin dan musim hujan. Sehingga bila sepatu ini digunakan pada musim panas atau di tempat yang beriklim tropis, maka kaki anda akan berkeringat dalam waktu yang sangat singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s