Adidas D Rose 6 Boost “Xeno” Review: Edisi DRose 6 Berteknologi Xeno dan Lebih Ringan

 Adidas D Rose 6 Boost edisi Iridescent Pack yang mengaplikasikan teknologi Xeno ini tidak hanya memiliki kosmetik yang unik dan menarik, namun juga memiliki konstruksi upper yang sangat menunjang performa dan kenyamanan. Edisi ini merupakan sepatu basket D Rose 6 rilisan tahun 2015 dengan desain dan konstruksi yang terbaik versi blog Diari Sepatu Basket.
*Release date: November 27, 2015.
Pertimbangan mengapa edisi ini merupakan D Rose 6 yang terbaik di tahun 2015:
Struktur upper yang mengkombinasikan jaring tekstil berkerapatan rendah dengan busa tekstil merupakan kombinasi yang sangat ideal pada masa modern ini dalam menghasilkan sepatu basket yang ringan, suportif, dan nyaman. Kita telah membuktikannya pada sepatu basket Jordan (CP3 VIII AE, SF3 PO, dan SF4) dan Adidas (beberapa edisi D Rose 5 dan J Wall 1) yang telah dirilis sebelumnya. Edisi ini merupakan satu-satunya rilisan sepatu basket  D Rose 6  pada tahun 2015 yang menggunakan struktur tersebut.
Struktur Adidas D Rose 6 Xeno.
Sedangkan edisi D Rose 6 berjaring tekstil yang telah dirilis lebih awal (edisi ‘home‘) tidak menggunakan busa, melainkan  menggunakan 3 lapis jaring tekstil.
Adidas D Rose 6 Home
Keunggulan dari struktur tersebut pada Adidas D Rose 6 Iridescent ini antara lain:
1. Lebih ringan. Sepatu ini memiliki berat 16 oz untuk ukuran 9 (US), sedangkan edisi berjaring tekstil lainnya (edisi home) memiliki berat 16.7 oz untuk ukuran yang sama.
2. Lebih nyaman. Walau masalah kenyamanan adalah hal yang cukup subjektif, namun teorinya adalah bahan busa yang melekat kuat pada kaki memiliki kenyamanan kuncian yang lebih baik daripada bahan tekstil tebal. Hal tersebut telah terbukti pada Jordan Super.Fly 3 PO dan CP3 VIII AE  dengan struktur upper berbahan jaring dan busa ternyata memiliki kenyamanan kuncian yang lebih baik dari versi originalnya yang berbahan tekstil tebal.
3. Estetik yang lebih baik. Apakah ada sepatu basket Adidas lainnya yang lebih keren daripada sepatu D Rose 6 yang menggunakan teknologi Xeno?
Desain
Desain sepatu ini terinspirasi dari hewan predator yang berburu dalam kegelapan di malam hari. Warna dasar hitam mewakili suasana gelap malam hari, sedangkan lapisan reflektif mewakili pantulan cahaya dari mata hewan yang memburu mangsanya.
Pada insole terdapat gambar Falcon yang mewakili sosok Derrick Rose sebagai seorang Point Guard. Peregrine Falcon yang merupakan salah satu hewan tercepat di dunia (240 mph) merupakan pemburu yang sangat efektif dengan penglihatan yang sangat baik di malam hari. Sama halnya seperti Derrick Rose pada masa primanya yang merupakan salah satu pemain basket tercepat di dunia. Dengan kemampuan penglihatannya yang menguasai seluruh lapangan, serta didukung pergerakan yang sangat eksplosif dan mematikan membuat Derrick Rose mendominasi lawan-lawannya dan berada di puncak piramida predator dengan menjadi MVP termuda sepanjang sejarah NBA pada musim kompetisi 2010-2011.

On Feet
Sepatu ini memiliki nomor ukuran yang sesuai dengan true to size kaki medium (D) dan wide (E) pada pengukuran dengan alat Brannock. Dengan adanya bahan busa pada struktur upper membuat sepatu ini memiliki tahanan terhadap kaki yang terasa sedikit lebih lembut dari edisi lainnya.
Bahan reflektif pada sepatu ini dapat bersinar terang dalam kondisi gelap maupun terang asalkan terdapat cahaya langsung yang cukup kuat untuk dipantulkan oleh bahan  reflektif tersebut. Mudah-mudahan Adidas akan kembali merilis edisi Xeno dengan bahan reflektif area depan yang menggunakan warna ungu, biru, dan hijau ketimbang menggunakan warna silver saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s