Jordan Super.Fly 4 Jacquard Performance Review

Jordan Super.Fly 4 Jacquard

Jordan Super.Fly 4 Jacquard merupakan versi alternatif Super.Fly 4 dengan konstruksi upper yang menggunakan anyaman Jacquard dan merupakan sepatu basket rilisan Jordan Brand kedua – setelah Air Jordan XX9 – yang menggunakan konstruksi anyaman. Versi Jacquard ini memiliki struktur bantalan dan outsole yang sama seperti versi original Jordan Super.Fly 4, sehingga pada artikel ini hanya membahas akan membahas konstruksi upper-nya saja.

This slideshow requires JavaScript.

General Information & Characteristics:
  • 💸: $175.
  • 📅: August 05, 2015.
  • ⚖️: 12.8 oz.
  • 👟: Versatile Mid Cut.
  • Profile: F(± 21.5mm), H(± 26mm), & HT drop (± 4.5mm).

Upper

Bahan

Konstruksi upper sepatu basket ini menggunakan tekstil sintetis dan TPU.

Konstruksi

Jordan Super.Fly 4 JacquardJordan Super.Fly 4 Jacquard
Gambar 1A. Sepatu basket ini menggunakan anyaman tekstil pada seluruh upper. Kelebihan dari upper berkonstruksi anyaman ini adalah memiliki fleksibilitas yang sangat baik dalam mendukung pergerakan dan memudahkan struktur upper untuk dapat melekat sesuai kontur kaki.
Jordan Super.Fly 4 Jacquard
Gambar 1B. Sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang terhubung dengan straps yang terjahit pada sisi dalam upper.
Jordan Super.Fly 4 JacquardJordan Super.Fly 4 Jacquard
Gambar 1C. Pada area belakang menggunakan molded foam collar dengan luas penampang yang besar untuk mengunci pergelangan kaki dan tumit.

Lower

Jordan Super.FLy 4 Jacquard.JPG
Gambar 2A. Sepatu ini memiliki konstruksi bantalan yang sama seperti versi originalnya. Pada versi Jacquard ini dapat terlihat dengan jelas struktur dari bantalan Zoom Air pada forefoot yang terdiri dari 3 segmen dengan posisi yang disesuaikan dengan pressure map kaki bagian depan.
Jordan Super.Fly 4 Jacquard
Gambar 2B. Outsole pada pada versi Jacquard menggunakan kombinasi translucent rubber dan solid rubber.

Evaluation

Fit

Hasil pengukuran dimensi ruang sepatu bernomor ukuran 9 (US) yang dibandingkan dengan model kaki standard berukuran panjang 9 (US) dengan lebar medium (D)menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kecocokan ukuran yang cukup sesuai dengan TTS dengan struktur upper yang dapat meregang sesuai kontur kaki dan memiliki waktu break-in yang relatif singkat. Sepatu ini memiliki kecocokan ukuran yang sama seperti versi originalnya.

Lockdown

Berdasarkan hasil evaluasi pada kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS, menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang tergolong sangat adekuat pada seluruh area kaki dan tidak terbukti adanya kelemahan kuncian yang bermakna.

Jordan Super.Fly 4 Jacquard.JPG
Gambar 3. Sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang hampir sama seperti versi originalnya, namun memiliki kuncian yang sedikit lebih baik, terutama pada area pergelangan kaki dan tumit, oleh karena penggunaan struktur upper yang lebih berkerapatan tinggi dan bertahanan kuat.

Breathability

Sepatu ini memiliki konstruksi upper yang lebih isolatif dan lebih menghambat penguapan dibandingkan versi originalnya.

Materials Durability

Upper

Kualitas struktur upper sepatu ini tergolong dalam batas rata-rata untuk hal kekuatan daya tahan terhadap friksi, tekanan dari kaki, dan perlindungan terhadap benturan.

Lower

Kualitas struktur phylon midsole tergolong dalam batas rata-rata untuk hal kekuatan daya tahan terhadap tekanan dari kaki dan kekuatan terhadap friksi. Outsole sepatu ini memiliki struktur yang tidak terlalu tebal dan memiliki konsistensi yang cenderung lunak pada area pressure map, sehingga kekuatan daya tahannya cukup meragukan untuk pemakaian yang berintensitas dan berfrekuensi tinggi di permukaan lapangan yang kasar.

Conclusion

Jordan Super.Fly 4 Jacquard memiliki kualitas konstruksi yang relatif sama seperti versi originalnya, namun sepatu ini memiliki kualitas kuncian dan support yang sedikit lebih baik dari versi originalnya.

NBA Players

Walau versi Jacquard ini menggunakan Blake Griffin sebagai bintang iklan utamanya, serta LaMarcus Aldridge dan Joe Johnson sebagai bintang iklan tambahan, akan tetapi hanya Joe Johnson yang pernah terlihat menggunakan sepatu basket ini pada pertandingan.

Price

Harga sepatu ini ($175) terkesan sangat mahal untuk upgrade bahan jaring tekstil menjadi Jacquard. Sepatu ini berpeluang untuk diobral dengan potongan harga yang dapat mencapai 30% atau lebih, sehingga sepatu basket berteknologi tinggi ini menjadi lebih terjangkau dan cukup direkomendasikan bagi pemain basket yang membutuhkan sepatu basket premium yang dapat mendukung performa dengan cukup optimal.

Jordan Super.Fly 4 Jacquard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s