Nike Zoom Lebron Soldier 8 Flyease Performance Review

Nike Zoom Lebron Soldier 8 Flyease merupakan hasil kolaborasi desainer Toby Hatfield dengan Matthew Walzer, seorang penggemar sepatu basket yang memiliki kelainan cerebral palsy. Silahkan lihat sendiri kisahnya di sini: Nike/The Flyease Journey. Sepatu ini merupakan Nike Zoom Soldier 8 dengan sistem kuncian yang dimodifikasi, sehingga menjadi lebih mudah digunakan oleh para penderita gangguan motorik, seperti yang dialami oleh Walzer.
General Information & Characteristics:
  • 💸: $130.
  • 📅: July 16, 2015.
  • ⚖️: 12 oz.
  • 👟: Versatile.
  • Profile: F(± 23mm), H(± 30mm), & HT drop (± 7mm).

 

Upper

Bahan

Konstruksi upper sepatu basket ini menggunakan tekstil sintetis dan TPU

Konstruksi

Gambar 1A. Sepatu ini memiliki konstruksi yang sama seperti versi originalnya dengan perbedaan pada sistem kuncian.
Gambar 1B. Bagian dalam terdapat inner sleeve dan menggunakan jaring tekstil berkerapatan tinggi sebagai lining.
Gambar 1C. 3D molded foam collar dengan potongan pada sisi medial.
Gambar 1D. Sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang terhubung dengan flywire cables pada area depan dan menggunakan ankle strap dengan zipper pada area belakang. Ujung lubang tali tersebut akan melingkari sisi belakang area counter dan terhubung dengan ankle strap.
Gambar 1E. Kekuatan kuncian bisa diatur dengan hanya mengencangkan ankle strap.

Evaluation

Fit

Hasil pengukuran dimensi ruang sepatu bernomor ukuran 9 (US) yang dibandingkan dengan model kaki standard berukuran panjang 9 (US) dengan lebar medium (D)menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kecocokan ukuran yang cukup sesuai dengan TTS dan lebih mudah meregang sesuai kontur kaki bila dibandingkan dengan versi originalnya.

Lockdown

Berdasarkan hasil evaluasi pada kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS, menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang tergolong cukup adekuat pada seluruh area kaki. Kekuatan kuncian pada sepatu basket ini dapat berkurang apabila tali tersebut telah semakin meregang seiring dengan pemakaian.

Range of Motion Assessment
Gambar 2. Sepatu ini memiliki keleluasaan pergerakan pergelangan kaki yang lebih baik dari versi originalnya dan tidak terbukti adanya hambatan pergerakan yang bermakna.

Support

Sepatu ini memiliki konstruksi yang cukup suportif dalam mendukung kestabilan pijakan pada aktivitas olahraga basket yang berintensitas tinggi.

Conclusion

Nike Zoom Lebron Soldier 8 Flyease didesain untuk penggemar sepatu basket dengan masalah kelainan motorik yang mengalami kesulitan untuk mengikat tali. Walau sepatu ini ternyata juga memiliki kualitas konstruksi yang cukup baik dalam mendukung aktivitas basket yang berintensitas tinggi, namun versi originalnya masih lebih direkomendasikan untuk para atlet oleh karena kualitas kuncian yang lebih baik dan konstruksi yang lebih suportif. Sepatu basket ini hanya direkomendasikan sebagai alternatif sepatu basket untuk aktivitas basket santai dengan sistem kuncian yang praktis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s