Nike Air Zoom Hyperposite Performance Review

Nike Air Zoom Hyperposite 2

Nike Air Zoom Hyperposite merupakan sepatu basket non-signature series dengan konstruksi yang menggunakan dua teknologi mutakhir pada awal dasawarsa kedua abad ke-21, yakni konstruksi upper berteknologi hyperposite dan konstruksi bantalan yang menggunakan full-length visible Max Zoom Air.

Beberapa fakta mengenai Nike Air Zoom Hyperposite:

  • Sepatu ini disebut juga sebagai Nike Air Hyperposite 2 karena dianggap sebagai generasi kedua dari Nike Air Max Hyperposite yang dirilis pada tahun 2012. Walau demikian sepatu ini memiliki konstruksi yang sangat berbeda dari Nike Air Max Hyperposite yang menggunakan kombinasi foamposite dan jaring tekstil pada upper dengan bantalan full-length visible Max Air.Nike Air Max Hyperposite
  • Nike Air Zoom Hyperposite merupakan sepatu basket non-signature series pertama yang menggunakan konstruksi hyperposite pada upper dan bantalan full-length visible Max Zoom Air. Sampai pada tahun 2016, Nike Air Zoom Hyperposite masih menjadi satu-satunya sepatu basket yang menggunakan dua teknologi tersebut secara bersamaan.
  • Nike Air Zoom Hyperposite dan Nike Air Max hyperposite merupakan sepatu basket non signature series Nike dengan harga ritel yang termahal pada periodenya, yaitu: $225.
General Information & Characteristics:
  • 💸: $225.
  • 📅: Early 2015.
  • ⚖️: 18.1 oz.
  • 👟: Supportive.
  • Profile: F(± 25.4mm), H(± 34.9mm), & HT drop (± 9.5mm).

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Pro
  • Kualitas kuncian yang sangat adekuat.
  • Konstruksi yang sangat suportif dan sangat protektif.
  • Bantalan yang sangat responsif.
Kontra
  • Konstruksi yang sangat berat.
  • Konstruksi yang kaku dan menghambat pergerakan kaki.
  • Struktur upper yang restriktif.
Rekomendasi
Ukuran
  • Medium (D): True to size (TTS) / TTS + 1/2.
  • Lebar (E): TTS + 1/2.
  • Ramping (C): TTS.
Tipe Arkus
  • Medium: sangat direkomendasikan.
  • Rendah: direkomendasikan dengan insole khusus arkus rendah.
  • Tinggi: direkomendasikan atau dengan dengan insole khusus arkus tinggi.
Posisi Pemain
  • Sangat direkomendasikan: SF, PF, & C.
Tipe Pemain
  • Sangat direkomendasikan: slasher, rebounder, post player, & cornerman.

Upper

Bahan

Konstruksi upper sepatu basket ini menggunakan tekstil sintetis, plastik, dan busa.

Konstruksi

Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1A. Sepatu basket ini menggunakan konstruksi hyperposite dengan inner sleeve yang dilapisi busa pada bagian dalam. Struktur hyperposite pada 1/3 area depan tampak terbuka pada sebagian sisi atas area jari.
Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1B. Pada sepanjang 2/3 area belakang terdapat potongan-potongan untuk memberikan fleksibilitas dan mengurangi restriksi pada struktur hyperposite yang tebal, kaku, dan berdaya regang sangat rendah.
Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1C. Pada bagian dalam menggunakan jaring tekstil berkerapatan tinggi untuk melapisi sisi dalam struktur hyperposite.
Nike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1D. Potongan melintang struktur hyperposite yang terdiri dari lapisan busa padat yang tertutup TPU pada sisi luar dan jaring tekstil berkerapatan tinggi pada sisi dalam.
Nike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1E. Struktur inner sleeve dengan lapisan busa pada sepanjang area depan sampai belakang.
Nike Air Zoom Hyperposite
Gambar 1F. Sepatu ini menggunakan sistem pentalian yang terhubung langsung dengan struktur upper.

Lower

Bahan

Sepatu basket ini menggunakan phylon midsole, Zoom Air, dan semi translucent rubber outsole.

Konstruksi

Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 2A. Sepatu basket ini menggunakan phylon midsole dengan struktur Zoom Air tebal pada sepanjang kaki.
Nike Air Zoom Hyperposite
Gambar 2B. Outsole sepatu ini menggunakan kombinasi translucent rubber dengan solid rubber pada area pressure map. Outsole sepatu ini memiliki struktur yang tebal, berdensitas tinggi, dan menggunakan pola traksi sirkular pada area pressure map.

Evaluation

Fit

Hasil pengukuran dimensi ruang sepatu bernomor ukuran 9 (US) yang dibandingkan dengan model kaki standard berukuran panjang 9 (US) dengan lebar medium (D)menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kecocokan ukuran yang cukup sesuai dengan TTS dan memiliki tahanan yang kuat.

Lockdown

Berdasarkan hasil evaluasi pada kaki berukuran medium (D) yang menggunakan nomor ukuran TTS, menunjukkan bahwa sepatu ini memiliki kualitas kuncian yang tergolong sangat adekuat pada seluruh area kaki dan tidak terbukti adanya kelemahan kuncian yang bermakna.

Cushion

Hasil Evaluasi:

  • Daya reaksi forefoot : sangat responsif.
  • Daya reaksi rearfoot : sangat responsif.
  • Proteksi terhadap tumbukan: sangat baik.
  • Profil berkategori rendah: F (± 25.4mm) & H (± 34.9mm).
  • HT-drop berkategori tinggi : ± 9.5mm.
  • Fungsi proprioseptif: kurang mendukung.

Sepatu basket ini menggunakan struktur Zoom Air yang berukuran tebal pada sepanjang kaki, sehingga memiliki pijakan dengan daya reaksi yang sangat tinggi pada forefoot maupun rearfoot, terlebih lagi ketika struktur phylon midsole pada sepatu ini telah mengalami break-in.

Traction

Hasil Evaluasi Fungsional:

  • Forward & Backward : ⭐ ⭐
  • Lateral Movement : ⭐ ⭐
  • Braking : ⭐ ⭐
  • Changing Direction: ⭐ ⭐ ⭐
  • Stop n Go : ⭐ ⭐
  • Performance Consistency : ⭐ ⭐
Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 3A. Sepatu ini menempatkan pola traksi multidirectional pada area pressure map dengan luas permukaan kontak yang tinggi dan terbukti cukup efektif dalam mendukung traksi pada berbagai arah gerakan yang berkecepatan tinggi.
Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 3B. Sepatu ini memiliki struktur outsole yang tebal dan berdensitas tinggi, sehingga terkesan cukup awet untuk penggunaan yang berintensitas tinggi di jenis lapangan yang kasar sekalipun.

Flexibility – Rigidity

Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite
Gambar 4. Secara keseluruhan sepatu ini memiliki tingkat rigiditas yang sangat tinggi.
Range of Motion Assessment
Nike Air Zoom HyperpositeNike Air Zoom Hyperposite.JPG
Gambar 5. Sepatu ini memiliki sedikit hambatan pergerakan pergelangan kaki ke arah samping dan tidak terbukti adanya hambatan yang bermakna pada pergerakan pergelangan kaki ke arah depan dan belakang.

Support

Sepatu ini memiliki konstruksi yang suportif dan memiliki fitur-fitur support yang sangat lengkap dalam mendukung kestabilan pijakan pada aktivitas olahraga basket yang berintensitas tinggi.

Breathability

Hyperposite merupakan jenis struktur yang sangat isolatif dan tidak mendukung penguapan, namun konstruksi sepatu ini berupa struktur hyperposite yang berongga-rongga pada sepanjang kaki, sehingga masih dapat memfasilitasi penguapan pada seluruh area kaki dan tidak terlalu isolatif.

Materials Durability

Upper

Kualitas struktur upper sepatu ini tergolong di atas rata-rata untuk hal kekuatan daya tahan terhadap friksi, tekanan dari kaki, dan perlindungan terhadap benturan

Lower

Kualitas struktur phylon midsole tergolong dalam batas rata-rata untuk hal kekuatan daya tahan terhadap tekanan dari kaki dan kekuatan terhadap friksi. Outsole sepatu ini memiliki struktur yang tebal dan berdensitas tinggi, sehingga berdaya tahan cukup kuat.

Construction

Sepatu basket ini memiliki konstruksi yang dirancang untuk memberikan perlindungan secara maksimal, sehingga pada umumnya memiliki konstruksi yang kurang efisien dalam mendukung biomekanisme gerakan alamiah kaki.

Conclusion

Nike Air Zoom Hyperposite tergolong sebagai sepatu basket suportif dan protektif, memiliki struktur bantalan yang sangat responsif, dan memiliki outsole yang direkomendasikan untuk semua jenis lapangan basket berdasarkan pertimbangan kualitas traksi dan kekuatan daya tahannya. Sepatu basket ini memiliki konstruksi yang ideal bagi para big man dengan gaya permainan yang agresif, eksplosif dan bertenaga besar.

NBA Players

Nike Air Hyperposite 2 merupakan sepatu basket andalan utama Anthony Davis dan Chris Bosh pada musim kompetisi NBA periode 2014-2015. Berikut ini merupakan cuplikan permainan Davis saat menggunakan sepatu ini:

Price

Harga sepatu ini ($225) tergolong dalam kelas harga tinggi dan berpeluang untuk diobral dengan potongan harga yang dapat mencapai 40% atau lebih. Dengan harganya tersebut, sepatu basket ini hanya direkomendasikan bagi para pemain basket profesional dengan kebutuhan sepatu basket yang spesifik.

Nike Air Zoom Hyperposite

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s