Nike Basketball Christmas 2014 Collection Review: Lebron 12 Akron Birch, KD7 Egg Nog, & Kobe 9 Elite Knit Stocking

Nike Basketball Christmas 2014 Collection.jpgDalam rangka perayaan liburan natal tahun 2014, Nike merilis edisi natal untuk 3 sepatu basket signature series, 1 sepatu basket non-signature series, dan 3 sepatu basket dari Jordan Brand.

Nike Kobe 9 Elite ‘Knit Stocking’

Style: 630847-600. Release date: December 26, 2014.

Desain upper sepatu ini terinspirasi dari rajutan kaus kaki yang digantung pada malam natal dengan harapan agar terisi hadiah dari Santa Claus pada keesokan paginya. Sementara corakan pada outsole sepatu ini terinspirasi dari candy cane, permen khas natal yang biasanya dimasukkan ke dalam rajutan kaus kaki tersebut. Hal yang khas pada sepatu ini adalah terdapat tulisan mamba’s greetings pada sisi dalam tongue.

Nike Kobe 9 EliteNike Kobe 9 Elite.jpgNike Kobe 9 EliteNike Kobe 9 Elite Knit Stocking.jpgNike Kobe 9 Elite Knit Stocking.jpg

Nike Lebron 12 ‘Akron Birch’

Style: 707588-363. Release date: December 26, 2014.

Desain upper sepatu ini terinspirasi dari suasana musim dingin di kota kelahiran Lebron James (Akron, OH) dengan pemandangan ranting-ranting pepohonan berjenis birch dalam suasana bersalju. Hal yang khas pada sepatu ini adalah hyperposite wings yang dicetak gambar pepohonan dalam suasana bersalju tersebut.

Nike Lebron 12 Akron Birch.jpgNike Lebron 12 Akron Birch.jpgNike Lebron 12 Akron BirchNike Lebron 12 Akron Birch.jpg

Nike KD7 ‘Egg Nog’

Style: 707560-613. Release date: December 26, 2014.

Desain sepatu ini terinspirasi dari egg nog sebagai minuman tradisional Amerika Serikat dan Kanada yang pada umumnya dikonsumsi pada masa thanksgiving dan natal. Hal menarik pada sepatu ini adalah terdapat tulisan pada sockliner yang seolah-olah mempromosikan produk egg nog dari Seat Pleasant, Maryland sejak tahun 1988 dengan takaran 35 fl oz. Tulisan tersebut sebenarnya mengacu pada Kevin Durant (bernomor punggung 35 dan lahir pada tahun 1988) yang berasal dari Seat Pleasant, Maryland.

Nike KD7 Egg Nog.jpgNike KD7 Egg Nog.jpgNike KD7 Egg Nog.jpgNik KD7 Egg Nog.jpgNike KD7.jpgNike KD7 Egg Nog

Materials 😐

Edisi natal ini menggunakan bahan yang relatif sama seperti edisi regulernya dengan sedikit modifikasi pada overlays sepatu Kobe 9 Elite.

Esthetic 👍🏼 😎

Kobe 9 Elite memiliki desain yang paling sesuai dengan konsep natal pada umummnya dengan corakan merah putih pada rajutan dan outsole sebagai daya tarik utamanya. Sementara KD7 memiliki konsep desain yang sangat baik dengan menghubungkan kehidupan pribadi Kevin Durant dan perayaan natal. Sedangkan konsep desain Lebron 12 yang menampilkan pohon-pohon saat musim salju di wilayah Akron terkesan kurang menarik.

Kobe’s Rarity ⭐ ⭐ ⭐
Rarity 😏

Edisi ini tergolong limited release yang bisa didapatkan dengan cukup mudah di berbagai penjual ritel resmi, terkecuali Nike Kobe 9 Elite yang habis terjual dalam waktu singkat. Selain itu Nike Kobe 9 Elite pun dijual dalam jumlah yang jauh lebih sedikit di pasar sekunder.

Collectible 🤔

Edisi ini memiliki nilai koleksi yang cukup bermakna sebatas bagi para kolektor sepatu basket edisi natal.

Value 📉

Edisi ini dijual dengan harga $20 lebih mahal dari edisi reguler, terkecuali Nike Kobe 9 Elite yang dijual dengan harga sama seperti edisi regulernya. Lebron 12 dan KD7 berpeluang untuk dijual dengan potongan harga yang dapat mencapai 20% atau lebih di berbagai penjual ritel resmi dan penjual sekunder, sedangkan Kobe 9 Elite pada umumnya dijual dengan harga yang sama atau sedikit lebih tinggi di pasar sekunder.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s